INI TANGGAPAN YANG DISAMPAIKAN DUBES DALAM WAWANCARA MEDIA. "BLK DONBOSCO ADALAH PUSAT PELATIHAN MELALUI INISIATIF SEKOLAH UNTUK KOMUNITAS JARINGAN



Tambolaka, Suara Indonesia1 - Pada peresmian unit Menara Internet yang terbuat dari bahan lokal yakni Bambu dan Alang , Dominic Jermay sebagai Duta Besar Inggris untuk Indonesia ingin menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah daera Nusa Tenggara Timur dan pemerintah Sumba Barat Daya atas dukungan yang telah direkam bahwa menara internet yang terbuat dari bambu sebagai contoh yang sangat luar biasa tentang bagaimana inovasi,kaloborasi,dan kretifitas dan dapat menghasilkan solusi demi mengatasi tantangan konektifitas,digital kita dan mendukung pemberdayaan ekonomi .


Menurutnya bahwa Inggris berkomitmen untuk mendukung informasi yang inklusif bertanggungjawab berkelanjutan serta berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi diindonesia bahwa menara internet dari bambu ini tidak hanya menyediakan akses internet yang stabil dan di andalkan bagi masyarakat setempat .


Menara ini bisa membuka berbagai peluang dan akses yang lebih baik untuk pendidikan,kesehatan dan kemudahan komunikasi pada masyarakat dan pemerintah serta akses besar digital untuk meningkatkan penghasilan , ungkapnya .


Disampaikan bahwa dirinya juga berinspirasi setelah mendengar cerita yang disampaikan bahwa ada lulusan inisiatif shcool of managemen Network literasi digital dan carah-carah guna memperhatikan pelatihan yang mereka telah terima serta Jermay menyampaikan kunjungannya didesa Mata redi kecamatan Katiku Tana kabupaten Sumba Tengah dan disanalah ia dapat belajar banyak dampak  beberapa hal positif tentang proyek ini di masyarakat setempat dan mendengar cerita bagaimana operator PLTS menggunakan keterampilan teknologi digital baru untuk meningkatkan managemen energi dalam proses menghasilkan Listrik dan pelaksanaan dua proyek ini yang didanai pemerintah inggris sebutnya bahwa menunjukan adanya hubungan kuat antara energi bersih dan akses literasi digital dan kami akan terus bekerjasama dengan pemerintah daera sebagai mitra kami disumba untuk memberdayakan masyarakat dengan pelatihan teknis dan keberlanjutan Mentari serta akses digital di Sumba . 


Menurutnya bahwa tahun ini Indonesia merayakan 75 tahun hubungan Diplomatik program Mentari akses digital kami adalah salah satu bentuk komitmen untuk semakin perkuat kemitraan kami dengan Indonesia dan semoga kemitraan dan persahabatan antara Inggris dan Indonesia terus meningkat di berbagai sektor demi kesejahteraan bersama "" Maju Terus , Indonesia--Inggris bersama Kita Bisa " tutupnya .


Sesuai hasil wawancara terutama tentang kunjungan Duta Besar di pulau Sumba terutama di Sumba Barat Daya yakni terkait peresmian menara internet yang terbuat dari bahan lokal serta kaitan dengan pengukuhan peserta sekolah Internet Komunitas , inilah tanggapan Dominic Jermay ---- Eman , What is the purpose of your visit to Sumba  ?


Eman ! Apa tujuan dari kunjungan Anda ke Sumba  ?


Jermay , the purpose of my visit to Sumba is to do two things, one is to inaugurate the Bamboo internet tower this morning, that I’ve done with the representatives of the Governor, with Bupati, and with the leader of BLK Don Bosco. And the second was to officially launch the handover of PLTS Mentari which was a great symbol of how you can do community-based electricity generation in a remote area in Sumba that have not previously had electricity. So these are part of 75th anniversary celebration of links between Indonesia and Inggris and they are example of the strength of our friendship and commitment with each other.


Tujuan kunjungan saya ke Sumba adalah untuk melakukan dua hal, pertama meresmikan menara internet yang terbuat dari bambu pagi ini, yang telah saya lakukan bersama perwakilan Gubernur, Bupati, dan bersama pimpinan BLK Don Bosco. Dan yang kedua adalah melakukan serah terima PLTS Mentari yang merupakan simbol bagaimana pembangkit listrik berbasis masyarakat dapat dibangun di daerah terpencil di Sumba,  dan sebelumnya belum teraliri listrik. Ini adalah bagian dari perayaan 75 tahun hubungan diplomatik antara Indonesia dan Inggris yang menunjukkan kuatnya persahabatan dan komitmen kita satu sama lain.


Eman ! What is the next step, is there any other programmes planned for Sumba  ?


Apa langkah selanjutnya, apakah ada rencana untuk program-program lain di Sumba  ?


Jermay , First of all, we are continuing with these programmes. So, MENTARI is ongoing with training to make sure that it all works really well but we’ve got another couple of programmes we’re working on. One is about digital skills, Skills for Inclusive Digital Participation programme. We’ve been working with over 4000 people across Indonesia already. And this continues to training people to be able to compete in the 21st century with digital skills that allow them to access the marketplace and healthcare and education. 


And the second, we are looking at to see how we can extend our programme, potentially looking at the ways of accessing solar and renewable energy here in Sumba. We are committed to Indonesia and to Sumba in particular. 


Pertama-tama, kami akan terus melanjutkan program-program ini. MENTARI akan terus melakukan pelatihan untuk memastikan bahwa PLTS dapat berjalan dengan baik, dan kami juga memiliki beberapa program lain yang sedang kami kerjakan. Salah satunya adalah mengenai keterampilan digital, Program Keterampilan untuk Partisipasi Digital yang inklusif. Program ini telah melatih lebih dari 4000 orang di seluruh Indonesia. Pelatihan ini akan terus melatih masyarakat agar mampu bersaing di abad ke-21 dengan keterampilan digital yang memungkinkan mereka mengakses pasar, layanan kesehatan, dan pendidikan.


Dan hal kedua yang sedang kami pertimbangkan adalah bagaimana kami dapat memperluas program kami, dan mencari cara untuk mengakses energi surya dan energi terbarukan di desa-desa lainnya di Sumba ........Eman Ledu. .