SAMPAH JADI CRUCIAL DI TENGAH MASYARAKAT




Tambolaka - SuaraIndonesia1.Com , Permasalahan sampah ditengah masyarakat terus terjadi dan crusial tersebut dianggap biasa-biasa saja oleh pemerintah khususnya dinas terkait yang benar-benar menangani dan dimungkinkan karena minimnya pengelolaan hukum serta anggaran pengelolaan sampah yang disebabkan oleh tidak adanya panduan .


Pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya khususnya dinas terkait harusnya mengambil peran aktif dalam mendorong masyarakat terutama yang berdomisili diseputaran jantung ibu kota tambolaka terhadap pentingnya menjaga lingkungan dan bertanggungjawab dalam pengelolaan sampah .


Namun hari demi hari serta perkembangan dampak kemajuan serta keramaian semakin terlihat , penataan kebersihan ruang dalam jantung ibu kota sorotan akan sampah yang berserahkan semakin meningkat dan kesadaran akan pentingnya kebersihan lingkungan menjadi menurun dan beberapa titik sampah yang berserahkan di jantung ibukota jadi sorotan perhatian bagi khalayak dimata umum .


Oleh sebab itu , mengingat akan dampak negatif yang muncul akibat kurangnya perhatian terhadap pengelolaan sampah beberapa aset yang sering disebutkan seperti container guna menampung sampah maupun aset lain untuk mengangkat seperti kendaraan sampah sepertinya tidak berfungsi dan yang disebut menata kota tidak terlihat hanyalah menata kata yang sering didengar sehinggah penertiban sampah serta pengelolaan sampah untuk kebersihan pada ruang atau jantung ibu kota menjadi lumbung .


Bayangkan berdasarkan foto sampah yang telah diabdikan media ini tertanggal 17 pebruari 2024 sore hari tepatnya di sapurata kelurahan weetobula bahwa sampah masih berserahkan dan menjadi hiasan pada jalan utama kota tambolaka dan beberapa titik keramaian terutama dipasar weepangali lokasi obakomi .


Dengan berserahkan sampah pada beberapa titik seputar jantung ibu kota hal ini telah menyebabkan pencemaran lingkungan terutama pada wilayah jantung ibu kota tambolaka . Dan mestinya untuk mengantisipasi dan menekan muncul serta menularnya beberapa wabah penyakit tentunya kolaborasi beberapa dinas terkait dan semua elemen masyarakat terutama tentang sampah agar memiliki peran crucial Dalam menjaga lingkungan serta kerjasama dari seluruh lapisan masyarakat merupakan kunci untuk mengatasi tantangan lingkungan .


Kota tambolaka terkini sudah semakin ramai dan peningkatan kemajuan kesejahteraan semakin terasa namun masih menuai sorotan terhadap sampah yang masih menjadi hiasan diberbagai titik sudut pandang semoga....Eman .