100 SISWA AKAN IKUT SELEKSI PASKIBRAKA 2024 SECARA ONLINE





Tambolaka - SuaraIndonesia1.Com, Senin 18 Maret 2024, Badan Kesbangpol Kabupaten Sumba Barat Daya  mengadakan Seleksi Tes Paskibraka secarah online yang bertempat di lapangan hijau pusat pemerintahan ( Puspem ) Kadula SBD . 


Pada hari pertama Seleksi Calon Paskibraka Tahun 2024, untuk memenuhi Kebutuhan jumlah Paskibraka Kabupaten SBD Tahun 2024, dari awal Perekrutan yang dilakukan secara On line  melalui Aplikasi Transparansi Paskibraka dari seluruh Sekolah SMA/SMK/ se Kabupaten SBD , yang lulus Administrasi dari jumlah Peserta yang mendaftarkan diri sebanyak 72 Orang.



Sistem Tes Transparansi melalui Aplikasi Paskibraka Tahun 2024 dilakukan secara  On line dari BPIP. Dengan jumlah soal 20 dalam waktu pengerjaan Selama 1 jam/ 60 menit, Dengan nilai bobot 70 sesuai passing great dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Pusat.


Hadir dalam kegiatan hari ini dari Tim  Pansel Paskibraka Komandan Kodim 1629 /SBD Tahun 2024 adalah Letkol,Czi.Novi Kurnianto,ST bersama sejumlah anggota sebagai tim Paski , tim medis , dan kepala dinas kesbangpol kabupaten Sumba Barat Daya bersama staf .


Di sela- sela Pemantauan Seleksi PWK , Herman Gono Ate sebagai Kaban Kesbangpol Kabupaten SBD ketika dimintai tanggapannya oleh media ini mengatakan bahwa tes paskibraka tahun 2024 adalah sistim on line dan sistem tersebut melalui admin kabupaten yang bukan link paskibraka transparansi 2024 .


Kemudian setelah seleksi disekolah sebutnya sesuai dengan tinggih badan , untuk putri 160-170 dan putra 165-180 dan setelah dipastikan mulai dari nama hinggah tinggih badan para siswa-siswi membuat akun dan akun tersebut dari siswa-siswi di sambung ke paskibraka dan mulai daftar secarah on line .


Nah tepatnya pada tanggal 14 maret sebanyak 100 orang yang masuk untuk seleksi on line , sehinggah hari ini tertanggal 18 maret 2024 para siswa-siswi melakukan tes kesehatan , tes samapta , tes parade atau baris berbaris , (Tes Intelegensi Umum ) , tes TWK dan setelah semuanya dilakukan baru dapat diketahui apakah mereka lolos ke tahap calon paskibraka 2024 . Dan semuanya ini masuk di link panitia pusat , provinsi dan yang menentukan lolos dan tidaknya adalah mereka sendiri , sedangkan panitia-panitia yang melaksanakan setiap kegiatan mereka juga uplod hasil penilaian sehinggah link sambung ketingkat provinsi , setelah itu dirangpugkan dari sana mana yang lolos dan tidak lolos serta hasilnya semua masuk di akun ,  sebutnya .


Dan untuk kabupaten Sumba Barat Daya 72 orang dimana yang 70 orang untuk kabupaten dan yang 2 orang untuk provinsi dan kaitan kegiatan ini  mempunyai anggaran yang di siapkan oleh pemerintah yakni dari Dana Alokasi Umum  dan khusus untuk kabupaten sebesar 800 lebih juta dan kalau dilihat dari kegiatan yang sekarang memang dananya tidak mencukupi karena terdapat pemangkasan yang lain sesuai anggaran dalam hali ini bahwa hari ini dilaksanakan seleksi online dan kemudian seleksi kesehatan dan setelah seleksi kesehatan dilanjutkan dengan seleksi akdemis TIU , TWK dan minimal makan tiga kali , nah karena anggaran disiapkan hanya satu hari yakni transportasi 100 orang ditambah dengan makan minum ( snack 100 orang ) dari dana yang 800 juta terjadilah pemangkasan dan itupun dibuatkan surat deskresing ke tim BPA pusat untuk kita dapat mengetahui kondisi daera terutama yang berhubungan dengan dana   tambahnya .


Nah untuk menentukan kelulusan kewenangan pusat setelah di uplod nilai-nilai sehinggah secarah logika  bahwa yang menentukan kelulusan bukan panitia tetapi anak yang bersangkutan , serta hasil tes seleksi hari ini jika lolos akan dilanjutkan pada tahapan tes kesehatan dan untuk tes kesamaptaan PBB dan parade dipusatkan pada tempat yang memungkinkan , tambahnya .......Eman Ledu .