Bupati Saipul Sambut Baik BNK Pohuwato Jadi Instansi Vertikal

Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga, menyambut baik peralihan Badan Narkotika Kabupaten (BNK) Pohuwato menjadi instansi vertikal.

Hal itu terungkap pada kunjungan silaturahmi Kepala BNN Provinsi Gorontalo, Brigjen Pol. Drs. Marjuki Ali Basyah, M.M dengan Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, Kamis, (25/01/2024).

Pada pertemuan yang berlangsung di rumah jabatan bupati, terungkap pula bahwa BNN Provinsi Gorontalo menyetujui BNK Pohuwato menjadi instansi vertikal.

Usulan percepatan vertikalisasi BNK Pohuwato dan memperhatikan data usulan percepatan vertikalisasi telah dibahas bersama. Bahkan pada kesempatan itu, Bupati Saipul menerima usulan vertikalisasi tersebut yang diserahkan Kepala BNN Provinsi, Brigjen Pol. Marjuki Ali Basyah.

Bupati Saipul Mbuinga yang didampingi Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale mengaku bahwa keinginan untuk menjadikan BNK Pohuwato menjadi instansi vertikal sudah sejak dulu. Karena sejak adanya BNK, Pemda Pohuwato berkeinginan untuk menjadikan BNK menjadi BNN.

“Ia, BNN ini sudah sekian lama di tunggu, insyaallah di tangan bapak (Kepala BNN Provinsi) BNN Pohuwato bisa terwujud. Pemda Pohuwato sangat mendukung dan menyambut baik usulan BNK Pohuwato menjadi instansi vertikal”,terang bupati.

Lanjut Bupati Saipul, langkah ini diambil dengan tujuan untuk meningkatkan efektivitas dan koordinasi dalam pencegahan serta penindakan peredaran narkotika di tingkat kabupaten.

“Ini sangat penting dalam meningkatkan kewaspadaan kita. Olehnya peningkatan BNK ke BNN begitu dibutuhkan di Pohuwato dengan salah satu alasan adalah karena daerah kami berbatasan dengan Provinsi Sulawesi Tengah. Sekali lagi kami sangat menyambut denga baik vertikalisasi ini”,ungkap Saipul.

Selain silaturahmi, Kepala BNN Provinsi Gorontalo berkunjung ke lokasi yang akan di bangun Kantor BNN Pohuwato.

“Lokasi tersebut adalah eks rumah jabatan bupati (lama) atau depan Dinas P3AP2KB Pohuwato, samping rumah jabatan Ketua DPRD Pohuwato. Tanah tersebut sudah dihibahkan Pemda Pohuwato ke BNN Provinsi untuk dijadikan Kantor BNN Pohuwato”,terang Kepala BNK Pohuwato, Yusuf Potale.

Ditambahkannya, pada bulan Februari mendatang, Kepala BNN Provinsi akan rapat di Badan Narkotika Nasional (BNN) RI dan akan mengajukan usulan percepatan vertikalisasi BNK Pohuwato.

“Dari 10 daerah di Indonesia, BNK Pohuwato masuk ranking pertama untuk diusulkan menjadi BNN Pohuwato. Alhamdulillah, Bupati Pohuwato sangat mendukung dan menyambut baik. Begitu pula BNN Provinsi  datang ke Pohuwato selain silaturahmi sekaligus untuk memberi dukungan BNK menjadi instansi vertikal”,tutup Yusuf Potale.(IK)