Memperingati HUT Persit Ke-78, Kodim1316/Boalemo Bersama Jajaran Laksanakan Kerja Bakti Membersihkan Pesisir Pantai.



Boalemo - SuaraIndonesia1. Sesuai Sejarah Organisasi istri Prajurit TNI AD Persit Kartika Chandra Kirana yang pada awalnya bernama Persatuan Kaum lbu Tentara (PKIT) lahir di tengah-tengah perjuangan Bangsa lndonesia yang dijiwai semangat dan cita-cita luhur untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. 


Lahirnya Organisasi Istri Prajurit bukanlah karena anjuran atau perintah dari Komandan Badan Keamanan Rakyat/Tentara Keamanan Rakyat (BKR/TKR), tetapi karena didorong oleh kesadaran yang timbul di kalangan istri prajurit sebagai pendamping suami yang sedang berjuang menegakkan dan mempertahankan proklamasi kemerdekaan bangsanya, dan di Tahun 2024 Organisasi Istri Prajurit telah berusia 78 Tahun.



Dalam Rangka memeriahkan HUT Persatuan Istri Tentara (Persit) Kartika Chandra Kirana ke 78 tahun 2024, Kodim 1316/Boalemo bersama jajarannya menggelar Kerja Bakti yang dilaksanakan di Pesisir Pantai Pentadu Barat, Kecamatan Tilamuta, Kabupaten Boalemo pada Jumat (01/03/2024) ini sebagai salah satu upaya dalam menjaga Kebersihan Pantai dan menanamkan rasa cinta kebersihan terhadap lingkungan terutama Masyarakat yang ada di pesisir pantai.


Pada pelaksanaan Kerja Bakti Pembersihan Pesisir Pantai dalam rangka memperingati HUT PERSIT ke-78, diikuti juga oleh Para Danramil dan Pa Staf Kodim 1316/Boalemo, Anggota Kodim 1316/Boalemo, Anggota Persit KCK Kodim 1316/Boalemo, warga Desa Pentadu barat serta Mahasiswa IAIN Sultan Amai Gorontalo yang melaksanakan KKLP di desa Pentadu Barat.



Kegiatan kerja bakti tersebut diharapkan mampu memberikan Edukasi terhadap masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan terutama Pantai, sebab Kabupaten Boalemo merupakan Daerah Pesisir yang terdiri dari 7 kecamatan dan 5 diantaranya memiliki kawasan Pantai, sehingga hal seperti ini perlu menjadi perhatian daripada Masyarakat.


Penulis : Ayimun Sunga