PENJABAT KEPALA DESA KARUNI SELATAN LANTIK 10 ORANG PERANGKAT DESA BAYANGAN KARUNI SELATAN .

"" Pemekaran Daerah, Wujud Pelayanan Pemerintah dalam Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat """  , Rabu 10 April 2024 .


SBD - SuaraIndonesia1.Com , Dalam rangkah mengoptimalkan pelayanan Administrasi dalam pemerintahan desa bayangan guna merajut sebuah kemajuan dan kesejahteraan di tengah masyarakat , sebanyak 10 orang perangkat desa bayangan yang terlantik untuk membantu kepala desa dalam melakukan pelayanan administrasi pemerintahan desa  .


Pelantikan 10 orang perangkat desa bayangan Karuni Selatan kecamatan Loura Sumba Barat Daya yang berlangsung di kangor desa persiapan di lakukan langsung oleh Kristina Tako  sebagai kepala desa persiapan Karuni Selatan dan pelantikan tersebut dikukuhkan oleh langsung oleh Bili Dolu sebagai Camat Loura serta disaksikan langsung oleh Fransiskus Malo Bulu sebagai sebagai perwakilan perangkat induk .



Bili Dolu sebagai camat Loura dalam sambutannya menyampaikan bahwa kepala desa bahwa dirinya mau bermimpi dan kita semua bermimpi dalam hal ini mimpi tentang Loura lewat beberapa kegiatan pelantikan perangkat desa hari ini biar lain denggan yang lain terutama tentang Karuni dan Karuniuga Selatan dimana mimpi tersebut menurutnya untuk menciptakan desa wisata Budaya , sebutnya .


Dia juga menyebutkan kaitan pelantikan yang berlangsung di masa libur dimana dalam penjelasannya bahwa pelantikan tersebut sangat urjen . Dan perangkat desa yang terlantik hari ini agar dapat diketahui bahwa belum masuk dalam kategori perangkat defenitif juga karena urjen maka berhubung dengan insentif itu masi kategori uang sabun dan jangan dimulai uang tetapi bagaimana kita melakukan desa persiapan ini untuk masuk defenitif dan kemudiannya nantinya sudah melengkapi segala kriteria desa bayangan barusan perangkat yang terlantik hari ini baru benar-benar masuk sebagai perangkat dimana insentif masing-masing perangkat dapat terkafer d an kita harus bekerja sesuai serta desa karuni selatan harus bisa berdiri sendiri , sebutnya .



Alex Ngongo Routa sebagai kepala desa induk dalam sambutannya  menyampaikan bahwa perangkat desa mekar atau bayangan yang terlantik hari ini harus melakukan koordinasi dan kerjasama antara perangkat desa induk dan perangkat desa bayangan , mendorong masyarakat dan jangan kita sebagai perangkkat desa yang selalu tidak mengikuti berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh penjabat desa persiapan tetapi kita harus pro aktif kalau tugas dan tanggungjawab .




Menurutnya bahwa perangkat yang terlantik hari ini belum ada insentif dan kalaupun nantinya ada itu sekedar sirih pinang dan hal ini agar perangkat yang terlantik dapat memahami atau belum ada pembagian honor bulanan yang sudah ditetapkan dengan aturan , sehinggah tidak muncul kalimat nantinya didesa induk terjadi prmbagian honor atau siltap aparat jangan dipertanyakan oleh perangkat desa bayangan , sebutnya .


Dan hal ini yang saya sampaikan memang ,ag+ar dapat di pahami dalam hal ini kegiatan di desa bayangan masih sementara serta kelemahan kita atau Pendapat Asli Desa ( PAD ) belum ada sehinggah kedepannya kita mendorong beberapa visi yang ada dalam desa termasuk desa persiapan harus menggali potensi yang menjadi pendapatan desa sehinggah tidak terjadi hal yang saling mencurigai , tandasnya .


Ditambahkannya bahwa secarah nasional bahwa pemekaran adalah untuk mempersempit ruang pelayanan dan secarah nasional tujuan Otonomi Daerah adalah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  Peningkatan kesejahteraan masyarakat diharapkan dapat dipercepat perwujudannya melalui peningkatan pelayanan di daerah. Kemudian, lanjut Alex , pemekaran di wilayah pemerintahan merupakan suatu langkah strategis yang ditempuh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas pemerintahan baik dalam rangkah pelayanan, pemberdayaan dan pembangunan menuju terwujudnya suatu tatanan kehidupan masyarakat yang maju, mandiri, sejahtera, adil dan Makmur . Pada hakikatnya, pemekaran daerah otonom lebih ditekankan pada aspek mendekatkan pelayanan pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 


“Pemekaran daerah merupakan cara atau pendekatan untuk mencepat akselerasi pembangunan daerah. Dan daerah otonom baru yang terbentuk itu merupakan entitas baik sebagai kesatuan geografis, politik, ekonomi, sosial dan budaya,” ujarnya .


Atau pada prinsipnya, terang Alex, kebutuhan pemekaran harus dilandasi adanya keinginan untuk peningkatan pelayanan masyarakat tersebut dan pemerintah daerah induk telah sepakat adanya pemekaran. Namun, apabila pemekaran hanya berdasarkan atas adanya keinginan sekelompok dan orang-orang tertentu, maka sebaiknya tidak dilakukan pemekaran .


Menurut Alex  wilayah Loura sebagai daerah otonom baru memerlukan dana untuk pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung penyelenggaraan pemerintahan dalam mewujudkan pelayanan masyarakat dan mensejahterakan masyarakat. “Sehingga, dengan adanya UU a quo tersebut, maka Kota Sungai Penuh sebagai daerah otonom baru dapat segera mewujudkan tujuan dari otonomi daerah,’ paparnya .


Hadir dalam kegiatan pelantikan 10 irang pengkat desa bayangan karuni selatan adalah sejumlah tokoh masyarakat dan masyarakat desa persiapan.........Eman Ledu .