Pangdam XIII/Merdeka dan Dandim 1316/Boalemo Dampingi Presiden Republik Indonesia Dalam Meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) di Kabupaten Boalemo.




Boalemo - SuaraIndonesia1.  Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo melaksanakan kunjungan kerja Di Kabupaten Boalemo dalam hal meresmikan Inpres Jalan Daerah (IJD) yang berada di Desa Polohungo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo. Pada Senin (22/4/2024).


Saat meresmikan Inpres Jalan Daerah, Presiden Republik Indonesia didampingi oleh rombongan yang terdiri dari Menteri PUPR RI M. Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi, Menteri Pertanian RI Andi Amran Sulaiman, Setmilpres Mayjen TNI Rudy Saladin, Danpaspampres Mayjen TNI Achiruddin.



Pada kegiatan tersebut pula Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo turut didampingi oleh PJ. Bupati Boalemo Sherman Moridu, Ketua DPRD Kabupaten Boalemo Karyawan Eka Putra Noho, Dandim 1316/Boalemo Letkol Arm Suryadi, Dandim 1313/Pohuwato Letkol inf Aribowo Dwi Hartanto, Kapolres Boalemo AKBP Sigit Rahayudi, Wakil Ketua I DPRD Kabupaten Boalemo Lahmudin Hambali.


Pada pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD), di Provinsi Gorontalo ada beberapa kabupaten, yang pertama di Kabupaten Boalemo yakni satu ruas jalan Satuan Pemukiman (SP 3) Trans Polohungo - Langge, dengan panjang 7 Km, dan Selanjutnya satu ruas jalan yang berada di Gorontalo Utara yaitu jalan bypass Moluo - Molingkapoto dengan panjang 4,4 Km. dan yang ke tiga berada di Kabupaten Gorontalo, yaitu jalan Pongongaila -Tumba Ayumolingo 4,4 Km, serta Runi Hemeto (Pongongaila - Buhu) 4,2 km dan Mulyonegoro-Karya Mukti sepanjang 18,3 Km.



Inpres Jalan Daerah yang ada di Desa Polohungo Kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia dan di saksikan secara langsung oleh Ratusan Masyarkat yang berada di lokasi tersebut.


Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Jalan merupakan salah satu yang sangat penting, terutama dengan yang berkaitan dengan Produksi, di Gorontalo ini banyak memproduksi Kelapa dan Jagung oleh sebab itu dengan adanya Jalan semoga mampu menunjang dan menaikan Produktivitas Kelapa dan Jagung di Provinsi Gorontalo.


Untuk Pelaksanaan Inpres Jalan Daerah (IJD), mengacu pada Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 1 Tahun 2023 tentang Percepatan Peningkatan Konektivitas Jalan Daerah. dan Pada Tahun Anggaran 2023, Kementerian PUPR melalui Direktorat Jenderal Bina Marga telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp. 14,6 triliun secara nasional untuk penanganan 2.873 km jalan daerah di seluruh Indonesia. Tutup Presiden Republik Indonesia.


Penulis : Ayimun Sunga