Gerakan Tanam Padi Serentak di Lahan sawah Wilayah Cilincing Jakarta Utara : Kodim 0502/JU Pendampingan Ketahanan Nasional





Jakarta, sauraindonesia1.com

Komando Distrik Militer (Kodim) 0502 Jakarta Utara Kolonel Kav Tofan Tri Anggoro B.S bersama  kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian ( KPKP) Provinsi Dearah Jakarta Suharini Eliawati, Kolonel Arh Hari Purnomo (Mewakili Danrem 052/Wkr),Wawan Budi R (Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekko Jakarta Utara (Mewakil Walikota Jakarta Utara),Kompol Fernando (Mewakili Kapolres Metro Jakarta Utara),Letkol Inf Hasanudin (Pabandya Puanter Ster Damjaya),Para Pasi dan Danramil jajaran Kodim 0502/JU,Heri Sunarya (Manager SHE PT. Komatsu Indonesia),Salih Nopiansyar (Wakil Camat Cilincing),Ahmad Fitroh (Lurah Rorotan),Rabat Sihab (Ketua Gapoktan Kel.Rorotan),Para Kelompok Petani Rorotan Jaya Jakarta Utara di jalan Inspeksi Kanal Timur Kelurahan Rorotan Kecamatan Cilincing Jakarta Utara, Saung Gapoktan. Rabu (8/5/2024) 



menanam padi secara serentak guna mendukung program swasembada pangan yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Penanaman padi secara serentak.



Komandan Kodim 0502 Jakarta Utara Kolonel Kav Tofan Tri Anggoro B.S mengatakan bahwa gerakan tanam padi serentak untuk kelurahan Rorotan terbagi menjadi 8 kuota yang luasnya kira-kira 314 Ha yang pada hari ini merupakan pelaksanaan kegiatan Tanam Serentak yang sudah kami lakukan sebulan yang lalu


pencanangan Gerakan Tanam Serentak Padi Sawah  menuju Swasembada Pangan.


Dalam penanaman padi bersama itu  melibatkan seluruh kelompok tani dan penyuluh pertanian dan babinsa sebagai tenaga pendamping. Dengan tujuan meningkatkan kebersamaan antara rakyat dan TNI AD, yang harus terus dipupuk, karena TNI memiliki motto Bersama Rakyat TNI Kuat.



Gerakan menanam padi  juga dimaksudkan untuk memberi support kepada masyarakat agar lahan sawah yang ada di desa terus dijaga. Sehingga kebutuhan padi di wilayah KODIM 0502 Jakarta Utara bisa terus ditingkatkan.


 Gerakan tanam serentak yang melibatkan TNI ini dalam mendukung program swasembada pangan di daerah tersebut, disamping itu  gerakan tanam serentak, selain untuk menghambat populasi hama penyakit dan tikus yang menyerang padi, juga membantu petani dalam mengolah sawah, Melalui sistem tanam padi serentak, produktivitas hasil panen diharapkan dapat meningkat dan swasembada pangan tercapai.


merupakan cara efektif memberdayakan petani dan mendorong masyarakat menjadi mandiri. Paling tidak dalam waktu tidak terlalu lama, wilayah Kodim 0502 Jakarta Utara akan menuju swasembada pangan dan ketahanan pangan, penanaman padi serentak yang dilaksanakan di wilayah Kodim Jakarta Utara, sebagai bentuk dukungan TNI terhadap program ketahanan pangan nasional berupa Mesin Pompa Air 4 unit,Paket Sembako 100 paket,Bibit Pohon Penghijauan 50 pohon,Pupuk 50 karung


Sementara itu H. Rihmi. D. Ketua kelompok tani kelurahan Rorotan menggatakan kami sangat berterima kasih kepada komandan Kodim. 0502.Ju.yang sangat memperhatikan kami wong cilik semoga beliau selalu di berikan kesehatan, Aamiin. Ungkapnya di lokasi.



Report, Jerry patty