Lomba Lari 5 Km Tingkat Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun 2024 .



SBD - SuaraIndonesia1 . Com , Kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga tingkat kabupaten Sumba Barat Daya ,Johanes Tende yang di jumpai media SuaraIndoneaia1.Com tentang Lomba Lari 5K yang terselenggara 1 mei 2024 dengan titik star depan hotel sima hinggah depan Rujab II , Jhon Tende menyampaikan bahwa kegiatan Lomba lari ini adalah lomba antar masyarakat yang di fasilitas oleh deputi pembiayaan olah raga kemasyarakatan Kementerian RI ( Menpora )  


Dikatakannya bahwa kegiatan lomba lari ini langsung dari Kementerian RI menpora melalui tim  kabupaten . 


Menurutnya tim kabupaten hanya memfasilitasi agar kegiatan lomba tersebut berjalan dengan lancar , aman dan tertib .

Adapun beberapa kegiatan tersebut yang dilombakan adalah :

1 .  Lari .

2 . Foli

3 . Senam Bugar Kementerian 

4 . Tenis .


Tujuan kegiatan ini menurutnya adalah mengolah ragakan masyarakat agar tetap sehat dan kuat .


Dalam arahan kepala dinas Pemuda dan Olah Raga,  Johanes Tende  berpesan lebih khusus kepada seluruh pelajar yang mengikuti lomba lari tersebut, untuk selalu menjaga sportifitas dan kesehatan tubuhnya, saat melaksanakan lomba dan juga termasuk peserta lain karena didalam lomba ini sejumlah masyarakat turut dalam lomba sehinggah utamakan kesehatan dan juga agar sportifitas ungkapnya .


Dikatakanya bahwa Setiap bertanding pasti ada kalah dan menang, tetapi sebelum bertanding jangan pernah merasa kalah, oleh karena itu semuanya harus mempunyai semangat untuk menang , ungkapnya .


Dia menegaskan , bahwa yang harus diingat adalah "  generasi muda sekarang untuk selalu menjaga martabat diri ,  keluarga , bangsa dan negara serta jangan melakukan hal-hal yang dilarang oleh agama dan jauhi Narkoba , harapnya .


Sementara itu , ketika media SuaraIndonesi1.Com , meminta tanggapan tentang lomba tersebut , Johanes Tende sebagai kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Sumba Barat Daya dalam laporannya menjelaskan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan lari 5K pelajar termasuk peserta dari masyarakat adalah untuk mencari bibit atlet berbakat dan berpotensi untuk mewakili Kabupaten Sumba Barat Daya  yang nantinya dapat berkanca dieven olahraga baik di tingkat regional, Provinsi, Nasional bahkan internasional , jelasnya .


Dikatakannya bahwa di Kabupaten SBD  mempunyai banyak sekali potensi atlet ,  namun perlu membutuhkan sebuah wadah untuk proses penjaringan atletnya ,  jelasnya .


Dari sejumlah peserta lomba , untuk peraih juara tingkat 50 tahun keatas untuk putra sebanyak 3 orang,masing-masing sebagai pemenang kejuaraan 1 dengan nomor Dada VII adalah Asterius D.Bulu dengan scor : 30' 01' 73 .

Kejuaraan 2 di raih oleh : Samuel Umbu Pati dengan no Dada I scor : 30' 26' 09 .

Kejuaraan 3 diraih oleh : Umbu Remu SamaPati dengan no Dada VII scor : 30' 01' 73 . 


Adapun peserta lomba putri 50 tahun ke atas sebanyak 3 orang masing-masing adalah : Paulina Kaka dengan no Dada BB scor 34' 57' 34 .


Peraih Kejuaraan 2 adalah : Christina dengan no Dada EE Scor : 37' 03' 79 .


Peraih Kejuaraan 3 adalah : Martha Milla  dengan no Dada XI Scor 44' 06'30 . 


Berikutnya peserta lomba Putri 50 tahun ke bawah sebanyak 3 orang masing-masing :

1 .Ariyanti Malo , dengan no Dada 131 Scor 23' 00' 96 .


2 . Agustina Bili , dengan no Dada 130 Scor 23' 21' 08 .


3 . Angel Kalanda Kiruk , dengan no Dada 117 Scor 23' 09' 29 .

Dan peserta lomba Putra 50 tahun ke bawah sebanyak 3 orang masing-masing adalah : 

1 . Margesin SD.Bulu , dengan no Dada 78 Scor 21' 05' 14 .

2 . Yohanes Pati Kale , dengan no Dada 28 Scor 21' 31' 31 .

3 . Iya Jaya , dengan no Dada 158 Scor 21' 32' 53 .


Eman Ledu 

( SuaraIndonesia1.ComId )