HUT ke 17 SBD Momentum Kebangkitan dalam Semangat Kebersamaan Bangun Loda Wee Maringi Pada Wee Malala


SBD, SuaraIndonesia1.Com – Peringatan Hari Ulang Tahun ( HUT ) kabupaten SBD ke--17 yang jatuh pada 22 Mei 2024 dan mestinya dimaknai sebagai momentum kebangkitan dalam membangun semangat kebersamaan untuk terus membangun daera Sumba Barat Daya dalam berbagai sektor yang belum Optimal pada Bumi  " Loda Wee Maringi Pada Wee Malala " .


Perayaan peringatan  Hari Ulang Tahun Kabupaten  Sumba Barat Daya yang mestinya jatuh pada 22 Mei 2024 lalu, Namun dilaksanakan pada 31 Mei 2024 , dipandu langsung oleh dr.Kornelius Kodii Mete sebagai bupati Sumba Barat Daya .


Peringatan HUT Kabupaten SBD ke-17 berlangsung di Lapangan Hijau Galatama tertanggal 31 Mei 2024 dan  di hadiri sejumlah pegawai P3K Sumba Barat Daya atau Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja ( PPPK ) , sejumlah OPD dinas terkait , Teknis dan Kesehatan , sejumlah tokoh masyarakat , tokoh agama TNI-POLRI,Satuan tugas polisi pamong praja dan masyarakat .


dr.Kornelius Kodi Mete sebagai Bupati Sumba Barat Daya pada kesempatan bermartabat dimana pada perayaan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten SBD yang ke--17 dalam sambutan terlutisnya , Ia menyampaikan bahwa perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumba Barat Daya yang ke--17 semestinya dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2024 lalu .



Oleh karena itu , dengan terselenggaranya Hari Ulang Tahun SBD yang ke--17 , kepada seluruh jajaran pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya , saya mengucapkan selamat dan " Dirgahayu " kepada seluruh masyarakat bumi Loda weemaringi --- Pada weemala ,  semoga dengan momentum peringatan Hari jadi kabupaten Sumba Barat Daya yang ke-17 agar lebih menetapkan dan meningkatkan serta memperoleh tekad dan semangat juang kita sesuai dengan tema ulang tahun kali ini yakni :


"" KITA DAPAT TERUS BERGOTONG ROYONG DAN SELALU KERJASAMAAGAR DAPAT MEWUJUDKAN MASYARAKAT SBD YANG MAJU BERKUALITAS , BERDAYA SAING , DEMOKRATIS DAN SEJAHTERAH ""


Dikatakannya bahwa seiring bergantinya waktu , hari , bulan dan tahun tidak terasa , bahwa kabupaten Sumba Barat Daya telah berusia lebih dari satu dasawarsa atau satuan waktu dalam 10 tahun , dimana pada 22 Mei 2024 lalu , kabupaten SBD telah berusia 17 tahun dalam umur manusia merupakan suatu mas yang special , masa dimana menjadi dewasa ,ungkapnya .


Begitupun Sumba Barat Daya , semoga dengan usia yang dikatakan Swed seventen ini , kabupaten Sumba Barat Daya masuki masa dewasa untuk terus bertumbuh , bergerak maju kedepan dalam segala sektor , dalam hal ini Pembangunan fisik maupun non fisik .


Walaupun masih banyak agenda  pembangunan yang masih belum berjalan dengan Optimal , Hal ini tentunya sangat membutuhkan bagian kita bersama dalam mewujudkan beberapa agenda pembangunan yang masih belum terlaksana dengan baik,kita berikan apresiasi yang tinggih  dan juga atas keberhasilan yang sudah kita capai dan nikmati selama ini yang merupakan kerja keras dan perjuangan pemerintah dan masyarakat SBD yang telah bercontribusi dengan capaian pembangunan , jelasnya .


Untuk itu sebutnya , berterima kasih tulus atas segala partisipasi , Bakti dan Dedikasi dalam membangun daera kabupaten Sumba Barat Daya yang kita cintai ini . Oleh karena itu sebutnya , dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Sumba Barat Daya yang di peringati hari ini 31 Mei 2024 , Harus kita jadikan Momentum untuk bangkit dan bergerak bersama  menuju harapan yang kita citakan sesuai dengan Visi dan Misi pemerintah kabupaten Sumba Barat Daya yang si kemas dalam program strategis tujuh jembatan emas , sebutnya . 


Ditambahkannya bahwa melalui kesempatan ini , ada beberapa hal yang menjadi perhatikan bersama adalah : 

1. Bupati mengajak seluruh komponen masyarakat agar memperkokoh persatuan dan  iintegritas kebangsaan didaera kita dan marilah kita jadikan keberagaman , perbedaan sebagai sebuah kekayaan dan kekuatan besar untuk bersama-sama memajukan kabupaten SBD tercinta ini .


2 .membangun komitmen dan meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan daera yang berorientasi pada pelayanan masyarakat dan mewujudkan kesejahteraan rakyat dari perbuatan-perbuatan yang merugikan masyarakat .


3.Mari kita tingkatkan upaya dan gerakan bersama melakukan perubahan dan terobosan -terobosan dalam rangkah peningkatan kualitas SDM , Berkualitas , cerdas.dan berdaya saing di masa depan .


4.sebagai mana kita ketahui bersama masalah stunting dan kemiskinan Ektrim , bahwa telah menjadi agenda Nasional . Kabupaten Sumba Barat Daya , menurutnya menjadi menjadi salah satu kabupaten yang divprioritas dan perhatian pemerintah pusat untuk menurunkan frekuensi angkah stunting dan ekstrim .


Menurutnya bahwa di Kabupaten Sumba Barat Daya , angkah stunting berada pada 32,37 persen dan angkah kemiskinan kita sangat tinggih yaitu 27, 48 persen atau seratus satu ribu empat ratus jiwa dari tiga ratus dari tiga ratus dua puluh dua ribu tiga puluh tujuh jiwa penduduk kabupaten SBD , ungkapnya .


* SuaraIndonesia1.Com *