Peringati Hari Kebangkitan Pancasila, Kodim 1705/Nabire Upacara Bendera Bersama Pilar Prov. Papua Tengah




Nabire - Suaraindonesia1, Dalam rangka memperingati hari lahir Pancasila 1juni  2024 kodim 1705/Nabire bersama Forkopimda Provinsi Papua Tengah Melaksanakan kegiatan upacara Bendera Merah Putih di lapangan Sapta Marga kodim 1705/Nabire, tepat dijalan jenderal Sudirman, kabupaten Nabire, Provinsi Papua Tengah. Sabtu, (01/06/2024).


Kegiatan ini bertujuan untuk mengenang hari lahirnya Pancasila, Sebagai Landasan Ideologi Negara Indonesia, dan Falsafah Negara Indonesia demi memperkokoh kebhinekaan Tunggal Ika di Negara Republik Indonesia Khususnya di provinsi Papua Tengah.



Bertindak sebagai inspektur upacara Danrem 173/PVB, Brigjend TNI. Frits Wilem Rizard Pelamonia,.S.E,Serta kegiatan upacara ini

dihadiri oleh Harun Damanik (Pj. Sekda provinsi Papua Tengah), Kolonel Totok (LO Binda Papua Tengah), Kolonel Inf Feksy Dimurnry Angi,S.E.,M.M (Kasrem 173/PVB), Letkol Kav Hery Bakty,S.H.,M.H.(Kasiren korem 173/PVB),  Letkol Inf Marudut H Simbolon,S.I.P.(Dandim 1705/Nabire)n Bernard Sitorus (Kabiro Umum provinsi Papua Tengah), Letkol Laut(P) Pius Hendrasa Krisna Murti S.T.,M.T.,CBEL.,CACA.,CRMP.,4 CHRMP. (Danlanal Nabire), Jenifer Darling (Ketua KPU provinsi Papua Tengah), AKBP Wahyudi Satrio Bintaro,S.H.,S.I.K.,M.Si (Kapolres Nabire), Daniel Rahi (Staf Ahli gub. Provinsi Papua Tengah), Rudy Setiawan,S.H.,M.H.(Kepada pengadilan Negeri Nabire),  Piter Erari (sekda kab.Nabire), Mayor Czi Weswit (Danden zibang Nabire), Pimpinan OPD se-kabupaten Nabire beserta  tamu undangan lainnya.


Dalam sambutan,  Danrem 173/PVB Brigjend TNI Frits Wilem Rizard Pelamonia,.S.E, menegaskan,  dengan tema "Pancasila wija pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045", tema ini mengandung maksud bahwa Pancasila menyatakan dengan segala perbedaan suku, agama, budaya dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia emas yang maju mandiri dan berdaulat.



"Patut kita syukuri sebagai sebuah bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilai yang dikandungnya menjadi bintang yang memandu kehidupan Bangsa agar sesuai dengan cita-cita pendiri Negara, Keberadaan Pancasila merupakan anugerah dari Tuhan yang maha esa untuk bangsa Indonesia.


"Didalam Pancasila terkandung nilai-nilai luhur yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas toleransi, dan gotong royong. Keberagaman yang ada merupakan berkat yang dirajut dalam indentitas Nasional "Bhinneka tunggal Ika".


Kegiatan upacara bendera tersebut berjalan dengan aman dan lancar.


(RK)