Kepala BPBD Waropen Demarce, Banyak Penumpukan Kayu Sepanjang Ratusan Meter Di Sungai Distrik Demba.




Waropen-Suaraindonesia1.com. 

Bupati Waropen melalui Plt. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Waropen Demarce M. Maniburi, SE, hadir di Distrik Demba, Minggu (09/06/2024)


Plt. Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Waropen Demarce M. Maniburi, SE menjelaskan Intensitas hujan yang terus menerus sangat berpotensi terjadi banjir genangan hingga banjir bandang, terutama untuk daerah dataran rendah. Sebagai bentuk antisipasi adanya bencana, Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Waropen berpatroli di beberapa titik yang sekiranya berpotensi menimbulkan banjir.


PLT BPBD Waropen Demarce M, Maniburi, menjelaskan, setelah mendapat kabar bahwa air sungai kembali meluap dengan membawa banyak tumpukan kayu, dirinya langsung memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan jajarannya untuk menelusuri penyebab asal kayu-kayu tersebut.


“Laporan tersebut langsung segera saya tindaklanjuti dengan memerintahkan Tim Reaksi Cepat (TRC) dan jajaran untuk melakukan penelusuran sepanjang sungai Demba,” ungkap PLT BPBD Waropen Demarce saat dikonfirmasi


PLT BPBD Waropen Demarce bersama Tim TRC Adapun hasil pemantauan dan Investigasi ialah banjir kali ini membawa material kayu yang berukuran besar sehingga membuat penumpukan di sepanjang sungai Demba dengan jarak Ratusan Meter.


"Dari hasil Pemantauan dan Investigasi bersama Tim TRC di Sungai Demba untuk membersihkan sepanjang sungai tersebut membutuhkan Excavator Amfibi dengan cara manual tidak bisa karena tumpukan kayu yang berukuran besar dan jarak yang terjadi penumpukan Ratusan Meter"jelasnya Demarce


Ia menambahkan bahwa dengan hasil yang telah ditemukan di lapangan semua itu akan dilaporkan kepada pimpinan daerah yaitu Bapak Bupati agar dapat memberikan Solusi.




Penulis : Mochtar & Narwasti