PROGRAM JAMBAN SEHAT MENGAJAK WARGA UNTUK STOP BAB SEMBARANGAN

BITUNG - Skrinews,
Pembuatan jamban untuk warga yang belum memiliki jamban sehat merupakan program sanitasi total berbasis masyarakat. Seperti yang dilakukan Serda Samai Bakarang yang melanjutkan pembuatan jamban milik warga binaannya, (29/9/2018).

"Program ini merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat. Serta, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan," ungkap Serda Samai.


Sementara itu, menurut Dandim 1310/Bitung, Letkol Inf. Kusnandar Hidayat, S.Sos. menyatakan bahwa, kebutuhan jamban sesuai data masyarakat yang belum memiliki jamban untuk wilayah kota Bitung dan Kab. Minahasa Utara, masih banyak.
“Menurut laporan dari pendataan yang dilakukan Babinsa, warga yang belum memiliki jamban di wilayah binaan masing-masing, masih membutuhkan puluhan unit,” ungkap Dandim.

Menanggapi program sejuta jamban yang dicanangkan pemerintah, warga masyarakat setempat merespon dengan ucapan terima kasih dan menyambutnya dengan antusias untuk membantu menyukseskan program tersebut. Sebab, sebelumnya warga setempat terbiasa BAB di sungai, menggali di belakang rumah atau menumpang di tetangga.
“Saya sangat senang dan berterima kasih mendapat bantuan pembuatan jamban, sehingga kami tidak perlu lagi buang air besar di tetangga,” kata Bapak Manginwulur.

Karman L