PEMBUKAAN KARYA BAKTI KODIM 1310/BITUNG TA 2018, WALIKOTA BITUNG JABAT SEBAGAI IRUP

BITUNG - Skrinews,
Upacara Pembukaan Karya Bakti Kodim 1310/Bitung TA. 2018 dalam rangka perintisan jalan penghubung antara Kelurahan Kakenturan Dua, Kecamatan Maesa dan Kelurahan Pinagunian, Kecamatan Aertembaga Kota Bitung dengan jarak 3.900 Meter, (30/10/2018).


Berlangsung di Lapangan Kel. Kakenturan Dua, Kec. Maesa, Kota Bitung, dilaksanakan Upacara Pembukaan Karya Bakti yang diselenggarakan oleh Kodim 1310/Bitung bekerjasama dengan Pemerintah Kota Bitung yang dihadiri kurang lebih 500 orang. Bertindak sebagai Irup Bpk. Maximiliaan J. Lomban, SE, M.Si  (Walikota Bitung) dan Komandan Upacara Lettu Inf Jullen T. Kasiaheng (Plh Danramil 1310-01/Bitung) serta Kapten Inf Arifin Honggul (Pasi Pers Dim 1310/Bitung). Adapun pasukan yang terlibat pada pembukaan karya bakti, 1 SST Kodim 1310/Bitung, 1 SST Yonmarhanlan Bitung, 1 SST Polairud Bitung, 1 SST Sabhara Polres Bitung, 1 SST Dishub Kota Bitung, 1 SST SP3 Pemkot Bitung, 3 SST Siswa/siswi SMA, SMP Kota Bitung dan 1 SSR Korsik.


Mengawali pelaksanaan upacara, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. membacakan laporan singkat rencana pelaksanaan karya bakti, dilanjutkan penandatanganan naskah penyerahan dan penerimaan kerja didepan Irup oleh Dandim 1310/Bitung bersama Kadis PU kota Bitung. Pada kesempatan itu juga Irup melakukan penyematan tanda peserta dan penyerahan alat kerja kepada perwakilan dari TNI, Polri dan Masyarakat.


Dalam amanatnya, Inspektur upacara mengatakan, pada kesempatan berbahagia ini marilah kita sama-sama panjatkan puji dan syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena pada pagi hari ini kita boleh melaksanakan karya bakti dengan keadaan sehat. Selaku Walikota Bitung, saya menyambut baik dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada TNI yang sudah memprakarsai karya bakti pada hari ini. Program ini merupakan salah satu pembangunan implementasi dan berpedoman pada undang-undang RI nomor 34 tahun 2004 tentang TNI yang dilaksanakan, melalui kegiatan operasi militer selain perang (OMSP) sebagai salah satu wujud dalam membantu tugas pemerintah daerah serta pemberdayaan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta (Sishanta).


Lanjutnya, TNI lewat karya bakti ini diharapkan akan tercipta kemanunggalan TNI dan rakyat dengan didukung oleh koordinasi dan solidaritas unsur-unsur TNI, serta ditopang oleh kerjasama dan sinergi yang dibangun oleh kita semua. Tanggung jawab pembangunan ini adalah tanggung jawab kita semua olehnya apa yang telah kita buat, kita jaga dan pertahankan serta terus ditingkatkan dalam rangka mewujudkan kota yang maju, berdaya saing, berbudaya dan sejahtera, serta menjadi titik simpul dan pintu gerbang Indonesia di kawasan Asia Pasifik, pungkasnya.


Rangkaian kegiatan diisi dengan, acara tambahan antara lain, Penyerahan Piagam penghargaan kepada masyarakat yang menghibahkan tanahnya untuk kegiatan karya bakti tahun 2018, Penyerahan kendaraan pengangkut sampah kepada Lurah Kakenturan dan Penyerahan Sembako kepada masyarakat yang kurang mampu oleh Walikota Bitung, Penampilan tarian Cakalang oleh masyarakat Kakenturan, Penampilan bongkar pasang senjata oleh Pramuka Wira Kartika Binaan Kodim 1310/Bitung, Penampilan demonstrasi Karate binaan Kodim 1310/Bitung dan Peragaan Drum Band Akademi Perikanan dan Kelautan Bitung.


Usai pelaksanaan rangkaian kegiatan upacara, Walikota dan rombongan meninjau sasaran karya bakti perintisan jalan penghubung di Kel. Pinagunian Kec. Aertembaga sepanjang 1.700 meter x Lebar 8 meter dan Kel. Kakenturan Dua Kec. Maesa sepanjang 2.200 meter x lebar 6 meter. Sasaran tambahan dalam karya bakti yaitu Pengecetan tempat ibadah Gereja Katolik Kel. Pinangunian Kec. Aertembaga dan Gereja Bethel Indonesia Kel. Kakenturan dua Kec. Maesa. Sasaran non fisik seperti penyuluhan Narkoba, Radikalisme dan Terorisme, Wawasan Kebangsaan, Hukum dan KDRT, Kamtibmas, Pertanian dan KB Kesehatan. Bakti Sosial Pengobatan Gratis, Pelayanan KB, Donor Darah dan Imunisasi Vaksin Measles Rubella (MR) serta Pemutaran Film-film perjuangan juga dilaksanakan pada pelaksanaan karya bakti.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S. Sos, Dansecata Rindam XIII/Mdk Letkol Inf  Decky R. Wenas, Pas Forgar Satrol Lantamal VIII/Bitung Letkol Laut (P) Muh Yasir S, Danyon Marhanlan diwakili oleh Lettu Mar Sulistiyo (Pasi 3 Yonmarhanlan), Dansub POM Bitung Lettu Cpl Charles Katuuk, Ketua DPRD Kota Bitung Bpk. Laurensius Supit, Kapolsek Maesa Kompol Moh. Kamidin, Asisten II Kota Bitung Drs. Jefry Wowiling, Kadis Pekerjaan Umum Kota Bitung Bpk.Rudi Tenok, Kepala Kementrian Agama Kota Bitung Bpk. Fathan Noh, Camat Maesa Bpk. Seferson Sumampouw, SSTP, Camat Aertembaga Ibu. Rolien Dipan, Lurah Kakenturan Dua Bpk. Aser Manginsihi, Lurah Pinangunian Ibu. Eva Bakam, Para Perwira TNI/Polri, Ibu-ibu Persit, Ibu-ibu Bhayangkari, Para Toga, Toda, dan Tomas Kota Bitung, Para Camat, Lurah, Kepala Lingkungan, Ketua RT serta warga masyarakat Kelurahan Kakenturan Dua dan Kelurahan Pinagunian, Siswa/siswi SMA, SMP serta para tamu dan undangan.

Jmmy is