Solok Selatan Berduka Pasca Gempa Mengguncang


Skrinews Sumatra
Sepuluh warga Sungai Kunyit dirawat karena tertimpa runtuhan bangunan pascagempa bumi |
 Pantauan wartawan skrinews
Sebanyak 10 warga Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat, mendapat perawatan oleh petugas medis Puskesmas setempat karena tertimpa reruntuhan rumah akibat gempa tektonik berkekuatan M=4,8 yang mengguncang daerah itu pada Kamispukul 01.55.02 WIB.

"korban gempa di jorong Dungai Kunyit sekitar 10 orang kena terkena runtuhan bangunan rumah," kata Kepala Dinas Kesehatan Solok Selatan Novirman melalui pesan whatshap di Padang Aro, Kamis.

Guna memudahkan pelayanan kepada para korban, imbuhnya, Dinas Kesehatan mendirinya posko kesehatan didirikan di Sungai Kunyit.

Sementara Wali Nagari Sungai Kunyit Rusnijal mengatakan sampai saat ini baru ada laporan tiga warga yang luka akibat tertimpa bangunan di Sungai Kunyit.

Sedangkan rumah rusak laporannya belum masuk dan kami masih melakukan pendataan dilapangan," ujarnya.

Kepala Pelaksana BPBD Solok Selatan, Johny Hasan Basri, mengatakan, laporan sementara gempa bumi mengakibatkan satu rumah warga di Jorong Koto Sungai Kunyit, Kecamatan Sangir Balai Janggo, rusak.

"Belum ada laporan terkait korban jiwa dan kami sedang melakukan pendataan, ujarnya.

Menurut BMKG Padang Panjang pusat gempa bumi ini berada di darat pada koordinat 1,59 Lintang Selatan dan 101.27 Bujur Timur, tepatnya 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok Selatan, pada kedalaman 11 kilometer.

Masyarakat diimbau tetap tenang dan tidak terpengaruh isu. ( Editor Hendra) ( penulis ride)