MENDATA POKTAN AKTIF, BABINSA ADAKAN PERTEMUAN DENGAN PETUGAS DINAS PERTANIAN


MINAHASA UTARA - Skrinews,
Untuk mendata atau memperbarui data kelompok tani yang ada wilayah binaan, di Kelurahan Sarongsong 1 Kec. Aermadidi Kab. Minahasa Utara, Serda W. Cahyono melaksanakan komsos dengan petugas Dinas Pertanian dan Poktan, (28/3/2019).


Pendataan Kelompok Tani sebagai upaya pengembangan Kelompok Tani agar terwujudnya kelompok tani yang dinamis, dimana para petani mempunyai disiplin, tanggung jawab dan terampil dalam kerja sama mengelola kegiatan usaha taninya.


Serta dalam upaya meningkatkan skala usaha dan peningkatan usaha kearah yang lebih besar dan bersifat komersial, kelompok tani dapat dikembangkan melalui kerja sama antar kelompok dengan membentuk gabungan kelompok tani (gapoktan) yang merupakan wadah kerja sama antar kelompok tani, ujar Serda Wahyu.




Pendataan Kelompok Tani ini juga bertujuan dalam penerimaan bantuan berupa alsintan dan bibit tanaman untuk pengembangan produksi dari sektor pertanian, seperti traktor, alat tanam, kultivator, pompa air dan hand sprayer, pupuk serta bibit-bibit tanaman dan lainnya.

"Tentu akan diberikan kepada Kelompok Tani yang masih aktif, " sahut Babinsa.


Kegiatan tersebut merupakan agenda pertemuan dengan petugas Dinas Pertanian dan kelompok tani dalam rangka membahasa masalah pertanian kedepan dan berharap bisa mendapatkan data terbaru mengenai kelompok tani yang ada di Kelurahan Sarongsong I Kec. Airmadidi Kab. Minahasa Utara, harapnya.


Djoni Arjuna