KARENA CURAH HUJAN TINGGI, BABINSA DESA PANIKI ATAS DAN DESA PANIKI BARU TURUN KE WILAYAH BINAAN, ANTISIPASI TERJADINYA BANJIR


MINAHASA UTARA - Skrinews,
Desa Paniki Atas dan Desa Paniki Baru Kec. Talawaan Kab. Minut, tergenang air, tepatnya didepan Alfa Mart sampai SD Paniki Atas, (28/4/2019).


Dikarenakan drainase tidak mampu menampung debit air hujan, sehingga air pun meluap sampai ke ruas jalan.


"Saat hujan kian deras, membuat volume genangan air bertambah, sehingga air menutupi badan jalan," kata Pelda Royke Rasuh anggota Babinsa Koramil 1310-04/Dimembe.




Dikatakannya, pantauan di lapangan, akibat curah hujan yang cukup tinggi mengakibatkan genangan air dibadan jalan mencapai 30-40 cm.


Cukup tingginya volume air dibeberapa titik membuat pengendara motor berhati-hati mengendarai kendaraannya, lantaran khawatir jatuh saat melintasi genangan air yang tinggi. 




Di sisi lain masih banyak saluran air termasuk parit di Desa Paniki Atas dan Desa Paniki Baru yang dipenuhi sampah dan ditumbuhi rerumputan.


"Karena saluran air ditumbuhi rumput dan sampah, membuat air tidak mengalir dengan lancar," ungkap Babinsa.


Saya harap pemerintah desa bisa segera bertindak membersihkan saluran air atau parit yang memang tersumbat karena banyak ditumbuhi rerumputan serta sampah ini, paparnya.


Faisal Ali