SALURAN DRAINASE TERSUMBAT, JALAN POROS MANADO-BITUNG DI DESA KOLTEM TERGENANG AIR


MINAHASA UTARA - Skrinews,
Tepatnya di Desa Kolongan Tetempangan Kec. Kalawat, depan Manado International School (MIS) jalan poros Manado-Bitung, Danramil 1310-06/Airmadidi bersama Babinsa Kolongan Tetmpangan pantau terjadinya genangan air setinggi 60 Cm, karena tersumbatnya saluran air, (28/4/2019).


Genangan dan luapan air dari parit ke jalanan saat hujan turun menjadi momok bagi warga Desa Kolongan Tetempangan. Terlihat, Danramil 1310-06/Airmadidi Mayor Inf Gusnawan M. Kawa dan Babinsa Desa Kolongan Tetempangan Serka Sony Wehantou meninjau lokasi terjadinya genangan air, sambil membantu para pengguna jalan yang mobilnya mogok akibat kemasukan air.


"Air bawaan dari Desa Kalawat serta parit yang tersumbat, menyebabkan air meluap ke jalan," ujar Danramil.




Dandim 1310/Bitung Letkol Inf Kusnandar Hidayat, S.Sos. yang mendapat laporan, segera memerintahkan Danramil 1310-06/Airmadidi dan jajaran Babinsa agar memantau dan antisipasi serta berkoordinasi dengan instansi terkait, terutama BPBD, Dinas PU dan Dinas Sosial Pemerintah Kab. Minahasa Utara.

"Waspadai dan pantau perkembangan situasi, koordinasi dengan instansi terkait, sehingga dapat mengambil langkah antisipasi bila terjadi banjir," tegas Dandim.




Pemandangan ini bisa dilihat di sejumlah ruas jalan, luapan air ini terjadi karena saluran drainase yang tersumbat. Volume air yang tinggi dari arah Desa Kalawat tidak bisa lagi mengalir mengikuti saluran drainase.


Khalid Rahman