Kapolres Pagar Alam Pimpin Giat Pasukan OPS 2019


Skrinews - PagarAlam
Jajaran Polisi Lalu Lintas Polres Pagaralam, menggelar operasi lalu lintas dengan topik ‘Operasi Patuh Musi 2019’. Operasi itu berlangsung hari ini, Kamis (29/8/2019) sampai 11 September 2019.

OPS berlangsung selama 14 hari dilaksanakan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat saat berlalu lintas. Kurang lebih 33 personel gabungan diturunkan dalam pelaksanaan operasi tersebut.

“Salah satu yang menjadi fokus perhatian kita adalah keselamatan dalam lalu lintas yang sering diabaikan. Operasi ini diharapkan bisa mewujudkan pemeliharaan keamanan dan keselamatan dalam berlalu lintas,” kata Kasat Lantas Polres Pagaralam AKP Baroya, Kamis (29/8/2019).

Tak hanya itu, operasi tersebut digelar guna mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas serta meningkatkan ketertiban dalam berlalu lintas.

“Tujuan kedua adalah mengurangi angka kecelakaan. Ketiga, membangun budaya tertib berlalu lintas serta meningkatkan pelayanan publik,” katanya.

Menurut dia, pelanggar lalu lintas seperti pengemudi yang melawan arus, memakai rotator dan pengemudi yang bermain ponsel akan menjadi target operasi. Tak hanya itu, pengemudi di bawah umur juga akan dilakukan penindakan.

“Sasarannya ada tujuh secara keseluruhan. Namun, ada tiga sasaran yang menjadi prioritas yakni pengemudi yang melawan arus, penggunaan rotator, dan pengemudi yang masih di bawah umur,” papar Baroya.

Baroya menambahkan, seluruh wilayah hukum Polres Pagaralam akan menjadi target Operasi Patuh Musi 2019. Salah satunya adalah Jalan Kapten Sanap, Kecamatan Pagaralam Utara.

“Seluruh wilayah sampai wilayah Polsek akan menjadi lokasi operasi. Nanti titik-titiknya akan ditentukan oleh Polres setempat,” katanya.

Ditambahkannya, Operasi Patuh 2019 yang berlangsung mulai hari ini hingga 11 September 2019 mendatang, sesuai arahan Korlantas Polri.

Delapan Pelanggaran yang Akan Ditindak Sebagai Berikut :

1.Pengendara motor yang tidak menggunakan helm standar
2.Pemenudi kendaraan roda 4 yang tidak menggunakan safety belt
3.Pengemudi kendaraan bermotor yang melawan arus
4.Pengemudi yang mabuk saat mengendarai kendaraan bermotor
5.Pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur
6.Menggunakan handphoe (HP) saat mengemudikan kendaraan bermotor
7.Kendaraan bermotor yang menggunakan lampu strobo, rotator, atau sirene tidak sesuai untuk pereuntukannya.
8. Ranmor yang menggunakan lampu STROBO /ROTATOR /SIRINE
Perhatikan jam operasi " Patuh Jaya 2019"
Jam operasi :
Pagi     06.00 - 09.00
Siang   10.00 - 12.00
Sore     16.00 - 18.00
Malam 20.00 - 22.00
Lengkapi  :
1. STNK
2. SIM
3. Helm untuk motor
4. Sabuk untuk mobil
5. Pajak kendaraan lunas
Catatan :
1. Jam dan lokasi operasi tergantung kebijakan per wilayah.
2. Operasi serentak di seluruh Indonesia mulai 29 Agustus - 11 September 2019.

SDP