Skrinews - SEBAGAI PENGHORMATAN TERHADAP SIMBOL NEGARA, UPACARA BENDERA SENIN, RUTIN DILAKSANAKAN PRAJURIT DAN PNS KODIM 1310/BITUNG




BITUNG - Anggota Militer dan PNS Kodim 1310/Bitung melaksanakan upacara bendera mingguan yang rutin digelar setiap hari Senin. Upacara bendera kali ini, bertindak sebagai Inspektur Upacara, Kasdim 1310/Bitung Mayor Inf Vino S. Onibala, S.Pt, (30/12/2019).

Selaku Komandan Upacara dijabat Danramil 1310-05/Kauditan, Kapten Inf Arifin Honggul dan selaku Perwira Upacara, Bati Tuud Koramil 1310-05/Kauditan, Pelda Wirjo Bee yang diikuti seluruh anggota Kodim 1310/Bitung.

Dalam amanat Irup, Kepala Staf Kodim 1310/Bitung mengatakan, Upacara bendera mingguan ini jangan hanya dijadikan sekedar rutinitas biasa, namun harus benar-benar dimaknai sebagai sebuah implementasi jiwa Nasionalisme kita.

"Melalui penghormatan terhadap simbol negara yang diperjuangkan melalui pengorbanan jiwa dan harta benda para pahlawan kusuma bangsa," terang Kasdim.

Lanjut Kasdim, Upacara pengibaran bendera dilaksanakan dalam rangka memupuk jiwa kejuangan, patriotisme, nasionalisme dan solidaritas prajurit serta mengenang jasa para Pahlawan dan untuk menumbuhkan jiwa patriotisme guna menghormati Sang Saka Merah Putih serta menumbuhkan jiwa kedisiplinan bagi prajurit dalam mengamalkan Sapta Marga, Delapan Wajib TNI dan Sumpah Prajurit.

"Upacara bendera sebagai upaya untuk mengingatkan prajurit dan PNS, khususnya di satuan Kodim 1310/Bitung sebagai sarana guna menjalin komunikasi antara pimpinan, staf dan anggota agar setiap kebijakan, instruksi, petunjuk dan informasi dapat mengalir dan dipahami secara seksama, untuk dijadikan pedoman dalam setiap pelaksanaan tugas," tutup Kasdim.