Skrinews - KAPOLDA PAPUA DAN PANGDAM XVII CENDERAWASI BAGIKAN SEMBAKO DAN MASKER KEPADA WARGA TERDAMPAK COVID-19



Jayapura"skrinews.com Pada hari Rabu tanggal 29 April 2020, Pukul 12.45 Wit bertempat di Kampung Yoka dan Kampung Puay Kabupaten Jayapura, Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab serta Group The Spirit Of Papua melaksanakan kegiatan pembagian paket sembako.

Hadir dalam kegiatan:
Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab, Pejabat Utama Polda Papua, Pejabat Utama Kodam XVII/Cenderawasih, Ps. Kapolresta Jayapura Kota AKBP Gustav R. Urbinas, SH., S.IK., M.Pd dan Group The Spirit Of Papua.

Rangkaian kegiatan:
Pukul 12.55 Wit, Kapolda Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih tiba di Posko The Spirit Of Papua selanjutnya mengecek kesiapan sembako yang akan dibagikan di Kampung Yoka.

Pukul 13.05 Wit, Kapolda Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Group The Spirit Of Papua beserta rombongan menuju Balai Kampung Yoka.

Pukul 13.23 Wit, Kapolda Papua didampingi Pangdam XVII/Cenderawasih, Kapolresta Jayapura Kota, Ketua dan Koordinator Umum Posko The Spirit Of Papua melaksanakan tatap muka bersama masyarakat pesisir danau Kampung Yoka Distrik Heram Kota Jayapura.

Kapolda Papua Irjen Pol. Drs. Paulus Waterpauw dalam kesempatannya mengatakan bahwa saya bersama Pangdam dan Posko The Spirit Of Papua ingin berbagi paket sembako untuk masyarakat Kampung Yoka yang diprioritaskan kepada mama-mama di Pesisir Danau sebanyak 65 kepala keluarga. 

Adapun paket sembako yang akan dibagikan berupa 10 kg beras, 1 dos indomie, minyak goreng, susu, gula, teh, sabun cuci serta masker dan nanti dari Pemda dan Dinas Sosial pasti juga akan ada bantuan.

Dalam keadaan pandemi wabah Covdi-19, sampai saat ini di Papua masih ada sedikit peningkatan pasien terkonfirmasi, saya harap untuk beraktifitas dikampung saja dan apa yang telah kami berikan dapat mencukupi untuk 1 bulan kedepan sambil bekerja disekitar Kampung.

Jangan sampai keluar kampung guna terhindar dari Covid-19 dan jaga jarak, jika terjadi gejala-gejala panas dan flu agar cepat periksa. Lakukan berjemur matahari pagi pukul 09.30 sampai dengan 10.00 Wit agar kondisi tubuh tetap bagus.

Kita sudah melakukan Distribusi bantuan di Pos 7, Saebab Kemtuk dan sekarang di Kampung Yoka. Puji Tuhan donatur berjalan terus dan saya harap Posko The Spirit Of Papua dapat menerima donatur/bantuan dari siapa saja diberbagai daerah maupun luar daerah dalam bentuk sembako.

Kepada adik-adik jangan kemana-mana cukup dirumah saja,  keputusan hasil rapat dari Bapak Gubernur bahwa pembatasan aktifitas diperpanjang sampai 6 Mei 2020 dengan pertimbangan jika menurunnya masyarakat yang  positif Covid 19.

Kita bekerja dirumah saja namun tetap menjaga jarak, kita yakin Tuhan baik dengan kita sehingga kita bisa disini menyalurkan bantuan yg tidak terlalu besar namun bermanfaat untuk mama-mama. Tetap jaga kesehatan, selalu menggunakan masker, cuci tangan menggunakan sabun dan jaga lingkungan agar terhindar dari wabah Covid-19.

Sudah 2.000 lebih paket sembako yang kita berikan selama 4 Minggu berjalan, kami sangat menghargai partisipasi dari seluruh donatur yang memberikan bantuan lewat posko. Kami tetap fokus pada saudara yang berada di Lapago dan MePago serta sekitar danau, mudah-mudahan bantuan ini terus mengalir untuk disalurkan kpd yg membutuhkan.

Semoga di Papua virus corona tidak bertambah terus dan kita dapat mengatasinya. Kami sepakat dengan pembatasan yang terjadi sekarang untuk tidak kemana-mana, terutama dikampung dan dusun dapat memanfaatkan kekayaan alam yg Tuhan kasih dengan baik dimana kita belum tau virus ini kapan berakhir.

Terkait dengan sagu sekarang waktunya  kita bergotong royong dan bekerja sama untuk kepentingan kampung dalam mengolahnya.

Ketua The Spirit Of Papua Samuel Tabuni dalam kesempatannya mengatakan bahwa kita bersyukur kepada Tuhan karena Papua tidak terlalu banyak dibandingkan dengan daerah/Negara lain, saat ini Amerika Serikat paling tertinggi terdapat 55.000 korban jiwa.

Kami mengikuti perintah Bpk. Persiden untuk melakukan psyhcal distancing serta jaga jarak dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19. Masyarakat di Papua sudah bercampur dan kita tidak tau siapa yang terkena, saya harap mama-mama harus bertahan di kampung jangan keluar menggunakan kendaraan umum.

Terlepas dari pemerintah, kami ingin melakukan tindakan menyalamatkan dengan kegiatan ini, dimana bapak Kapolda telah menyarankan dan memfasilitasi Posko The Spirit Of Papua dan kami bersyukur donasi terus berjalan dari pihak manapun. Berkat ini sedikit tapi mungkin dengan bekerja dirumah saja kita dapat memerangi wabah Corona.

Kami sangat apresiasi atas pemikiran Kapolda dimana hari ini kita hadir bersama-sama untuk melihat saudara kita yang kurang mampu. Saya harap kepada pemerintah terus melakukan langkah-langkah untuk memutus mata rantai Covid-19 , kita sudah 4 minggu lebih bekerja, dengan terjun langsung ke masyarakat guna untuk melihat langsung dan menyalurkan bantuan sembako bagi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19.

Ondoafi Kampung Puay Yakob Fiobetauw dan Kepala Kampung Yoka Anthonius D. Mebri mengucapkan terima kasih atas kunjungan kasih dari Kapolda Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih dan Group The Spirit Of Papua serta donatur yang telah mengambil bagian membantu masyarakat yang sedang melaksanakan social distancing wabah Covid-19.

Kami tidak dapat membalas pengorbanan yang bapak ibu berikan tetapi kami percaya Tuhan akan membalas setiap jerih payah bapak dan ibu semua. Dalam menghadapi masa-masa pandemi Covid-19 serta social distancing masyarakat dapat bertanggung jawab masing-masing dan kami merasa kehadiran Group The Spirit Papua sangat menguatkan kami.

Pukul 15.45 Wit, Kapolda Papua bersama Pangdam XVII/Cenderawasih, Group The Spirit Of Papua beserta rombongan meninggalkan Kampung Puay dilanjutkan pembagian paket sembako bagi masyarakat di sekitar jalan Kampung Puay dan Kampung Yoka.

Pelaporan: Rahman/Kaperwil Papua/Papua Barat

                                                                                               Jayapura, 29 April 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH.