Skrinews - KUNJUNGAN KERJA KETUA TIM GUGUS TUGAS PENCEPATAN PENANGANAN COVID 19 PUSAT BESERTA ROMBONGAN DI KAMPUNG SEREH DISTRIK SENTANI KAB. JAYAPURA



Pewarta:Rahman.P
Jayapura-skrinews1.comPada hari Selasa tanggal 07 Juli 2020, bertempat di halaman Posyandu kampung Sereh Jln. Pos 7 Atas distrik Sentani Kab. Jayapura telah berlangsung kegiatan kunjungan kerja Ketua tim Gugus Tugas percepatan penanganan Covid 19 Pusat/Kepala BNPB RI beserta rombongan dalam rangka presmian mesin pengolahan Sagu dan mesin pengasapan Ikan yang merupakan bantuan dari BNPB kepada kelompok tani masyarakat kampung Sereh sekaligus penanam secara simbolis tanaman Yara.

Turut hadir dalam penjemputan:
Pangdam XVII/Cenderawasih, Mayjen TNI Herman Asaribab, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Dr. Budhi Achmadi M.Sc, Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Yakobus Marjuki, Danrem 172/PWY, kolonel Inf. Isak Pangemanan, Dandim 1701/Jayapura, Letkol Inf. Edwin Apria Candra, SE, Kapolres Jayapura, AKPB Victor D. Mackbon, SH.S.IK.,MH.M.Si, Asisten 2 Prov. Papua, Bpk. Mohammad Sahad, Ketua Harian Covid 19 Papua, Bpk. Welem Manderi, Kadishub Prov. Papua, Bpk. Reky D. Ambrauw, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Papua, Bpk  Robby Kayame .SKM.M.Kes, Bupati Jayapura, Bpk. Mathius Awoitauw, SE.,M.Si, Wakil Bupati Jayapura, Bpk. Giri Wijiyantoro, Kapolsek Sentani Kota, AKP Lintong Simanjuntak, SH.,MH, Ondofolo kampung Sereh, Bpk. Yanto Kamley Eluay, Ketua Lapago Prov. Papua, Bpk. Agus Rawa Kogoya, Para pimpinan Forkopinda Kab. Jayapura, Para tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh perempuan dan tokoh Agama kampung Sereh.


Adapun nama-nama rombongan yaitu:
Ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pusat, Letjen TNI Doni Monardo, Menteri koordinator pemberdayaan Manusia dan Budaya RI, Prof. Muhajir Efendi, S.Pd.,M.Ap, Menteri Kesehatan RI, Bpk. Trawang Agus Putranto, Pangkogabwilhan III, Letjen TNI Ganip Wasito, Kemenkopolhukam, Brigjen TNI Armed Wijaya, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Bpk. Melky Laka, Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Bpk. Ace Hasan Syadzily, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Ibu Dra Sri Rahayu, Plt. Deputi III, Bpk. Dody Riswandi, Deputi V, Ibu Prasinta, Tim Pakar, Bpk. Prof. Wiku, Tenaga Ahli, Ibu Egy Massadiah, Ka Biro SDM dan Umum, Bpk. Dra Andy Eviana, M.Si, Kapusdatinkom, Bpk. Raditya Jati, Koorspri Kepala BNPB, Kol. Budi Irawan, Staf Khusus Kapala BNPB, Kol. Hasyim, Kasubdit Pemetaan dan Analisis Resiko Bencana, Bpk. Abdul Muhari, Kasubag Urdal, Bpk. Yustam, Kedeputian V, Bpk. Yudhistira, Deputi III Kemenko PMK, Bpk. Agus Suprapto, Deputi V, Bpk. Arif Sanjani, Ketua Relawan Gugus Tugas, Bpk. Andre.


Pukul 15.00 Wit, Sambutan Bupati Jayapura Bpk. Mathius Awoitauw, SE.,M.Si mengatakan bahwa Pada tanggal 16 Maret 2019 terjadi bencana banjir bandang di Kab. Jayapura yang menimbulkan korban jiwa sebanyak 106 jiwa dan kerugian harta benda serta menimbulkan infrastruktur dan sumber daya alam, terganganggunya kegiatan sosial dan ekonomi serta meninggalkan trauma yang cukup besar bagi masyarakat. 1 tahun pasca banjir bandang pemerintah Kab. Jayapura di bantu pemerintah pusat melalui BNPB dan pemerintah provinsi berusaha melakukan perbaikan dan pemulihan keadaan salah satunya pemulihan ekonomi dengan pembangunan rumah sagu dan bantuan mesin pengolahan sagu di enam lokasi yakni Sereh dan Kehiran Distrik Sentani, Maribu dan Sabron Yaru distrik Sentani Barat, Klaisu distrik Nimbogran, Kamdera distrik Demta.

Selain itu di serahkan juga 25 ( Dua puluh lima ) mesin pengasap ikan yang di bagikan kepada masyarakat Kab. Jayapura terdiri dari 10 ( Sepuluh ) unit di lokasi distrik Sentani Timur, 5 ( Lima ) unit di lokasi distrik Waibu, 4 ( Empat ) unit di lokasi distrik Ebungfauw, 2 ( Dua ) unit di lokasi distrik Revenirara, 1 ( Satu ) unit di lokasi distrik Demta, 3 ( Tiga ) unit di lokasi distrik Sentani.

Di samping kami jelaskan diatas pemda Kab. Jayapura bekerja sama dengan Yayasan Budha Tzu Chi Indonesia di kemiri sedang menyelesaikan pembangunan rumah Type 36 dan telah selesai sebanyak 175 unit dari 300 unit yang akan di bangun.

Penemuan kasus pertama Covid 19 di Kab. Jayapura pada tanggal 01 April 2020. Laporan tim gugus tugas penanganan Covid 19 hingga dengan tanggal 05 Juli 2020 dengan rincian Positif Covid 19 : 201 kasus ( Di rawat 87 orang, sembuh 113 orang dan meninggal 1 orang ). Orang yang telah di lakukan PCR sebanyak 2124 orang, PDP 154 orang dan ODP 27 orang. Kondisi saat ini kami kekurangan ruang perawatan pada RS. Yowari, rencana kami akan menggunakan wisma Atlit di Kompi Senapan D Doyo Baru namun masih menyelesaikan masalah pemasangan listrik ke wisma Atlit tersebut.

Selain penanganan bidang kesehatan pemda Kab. Jayapura juga melaksanakan penanganan pada bidang ekonomi untuk menciptkan ketahanan pangan dengan memotivasi masyarakat agar kembali berkebun dan memelihara ikan pada 139 kampung dan 5 kelurahan pada 19 distrik. Pada bidang jaring pengaman sosial pemerintah memberikan bantuan bahan makanan dan bantuan langsung tunai. Pelayanan publik dan pelayanan umum tetap berjalan dengan jumlah pegawai yang masuk kantor 50 % dan sisanya bekerja di rumah, untuk kegiatan prekonomian masyarakat di batasi hanya sampai pukul 17.00 Wit dan di lakukan pembatasan pergerakan masyarakat dari zona merah ke zona Hijau atau sebaliknya pada tiga pos yakni Yokiwa distrik Sentani Timur, Pos Boroway Distrik Waibu dan Pos Kertosari Distrik Sentani Barat.


Pukul 15.15 Wit, sambutan Ketua tim Gugus Tugas pencepatan penanganan Covid 19 pusat, Letjen TNI Doni Monardo mengatakan bahwa Bapak Bupati dan para tokoh masyarakat mari kita berdoa untuk kepada suadara yang telah wafat pada sat kejadian banjir bandang yang terjadi tanggal 16 Maret 2019 lalu semoga arwah mendapatkan tempat yang baik di sisi Tuhan Yanga Maha Kuasa.

Sebenarnya sebelum peristiwa terjadi kami sudah melakukan evaluasi pada tahun 2018 beberapa kegiatan lingkungan memperhatikan gunung Cycloop karna pegunungan Cycloop ini adalah suatu rangkaian pegunungan yang berada di Papua dan ini menjadi atensi semua, oleh karna itu tidak lagi mencari alasan untuk tidak melindungi Cycloop dari tagan jail.

Air itu akan kembali kerumahnya mencari tempatnya yang tentunya tempat yang rendah oleh sebab itu sebagai manusia yang diberikan pengetahuan harus belajar dari alam dan jangan menganggap sepele supaya tidak ada korban jiwa lagi dari masyarakat di waktu - waktu yang akan datang.

Melihat perkembangan yang ada kami memberikan program mamfaat bagi masyarakat dengan memberikan mesin Sagu dan rumah Sagu karna ini bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mengolah sagu karna sagu ini adalah makanan pokok masyarakat Papua sehingga masyarakat tidak lagi memanfaatkan bahan pokok dari luar. Dengan adanya bantuan alat ini, Mudah - mudah bisa memberikan ketahanan pangan lokal seperti sagu karna ini banyak mengandung karbonhidrat dan sudah banyak negara yang sudah menekuni sagu.

Papua dan Papua Barat harus menjadi pelopor dalam penelitian sagu dan pemuda papua harus banyak menekuni sagu. Sekali lagi Papua memliki potensi ketahanan pangan dan kami juga memberikan mesin pengasapan ikan dan semua ini diproduksi dari Mahasiswa universitas Cenderawasiah dan saya meliahat jenis ikan di papua sangat banyak mrngandung protein untuk itu masyarakat Papua perlu memanfaatkan dan Salah satu menangani Covid harus banyak mengosumsi ikan.

Bapak Bupati untuk proses pencairan dana bisa terselsaikan bulan ini dengan nilai sekitar 360 miliar baik kota jayapura, Kab. Jayapaura maupun Kab. Keerom shingga tolong diurus administrasinya dan tahun inin program semua bisa selesai.


Pukul 15.35 Wit, sambutan dari Menteri koordinator pemberdayaan Manusia dan Budaya RI, Prof. Muhajir Efendi, S.Pd.,M.Ap mengatakan Atas nama pemerintah republik Indonesia ucapkan terima kasih kepada pemerintah Provinsi Papua khususnya pemerintah Kab. Jayapura yang sudah menangani masalah Covid 19 dengan baik.

Apresiasi yang setinggi - tingginya kepada Kepala BNPB RI yang sudah berinisiatif untuk memberikan bantuan pengolahan sagu dan pengasapan ikan mudah - mudahan dapat di gunakan dengan baik dan memberikan nilai tambah produktivitas masyarakat di Kab. Jayapura sehingga meningkatkan kemakmuran bagi masyarakat Kab. Jayapura.

Saya ingin pesan bahwa semua fasilitas yang di bangun di Papua khususnya di Kab. Jayapura termasuk penyu - penyu untuk POM yang sebagian besar di bangun di Kab. Jayapura agar di rawat dan di jaga dengan baik jadikan tempat tersebut untuk berlatih bagi masyarakat Papua karna semua itu adalah berstandar internasional oleh karan itu betul dijadikan tempat berlatih putra - putri terbaik Papua yang bukan hanya berlaga di Indinesia tetapi bisa berlaga di Internasional.

Pukul 15.47 Wit, penyerahan secara resmi mesin pengolahan Sagu dan mesin pengasapan Ikan oleh Menteri koordinator pemberdayaan Manusia dan Budaya RI, Prof. Muhajir Efendi, S.Pd.,M.Ap dan Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Bpk. Ace Hasan Syadzily di dampingi Menteri Kesehatan RI, Bpk. Trawang Agus Putranto dan Ketua tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid 19 Pusat/Kepala BNPB Pusat, Letjen TNI Doni Monardo kepada kelompok tani masyarakat kampung Sereh.

Pukul 16.00 Wit, penanaman secara simbolis tanaman Yara oleh rombongan Ketua tim gugus tugas pencepatan penanganan Covid 19.

Pukul 16.08 Wit, seluruh rangkaian kunjungan rombongan Ketua tim gugus tugas percepatan penangana covid 19 selesai di lanjutkan dengan rama tamah                                                                                                   Jayapura, 07 Juli 2020

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH