Suaraindonesia1 - DIT POLAIRUD POLDA PAPUA BERSAMA IMIGRASI KELAS I TPI JAYAPURA GELAR PATROLI GABUNGAN DI WILAYAH LAUT PERBATASAN RI-PNG



Pewarta : Rahman P

Jayapura – Suaraindonesia1,
Pada hari Rabu tanggal 10 Maret 2021, bertempat di seputaran Perbatasan Laut RI-PNG telah dilaksanakan kegaitan Patroli Gabungan Dit Polairud Polda Papua bersama Imigrasi Kelas I TPI Jayapura.

Hadir dalam kegiatan:
Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura, Perwakilan Lantamal X, Wadir Polairud Polda Papua AKBP Michael Mumbunan, S.I.K., Perwakilan BIN Daerah Papua, Perwakilan Kantor dan Pengawasan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Jayapura.

Adapun rangkaian kegiatan Patroli Gabungan Dit Polairud Polda Papua bersama Imigrasi Kelas I TPI Jayapura dengan menggunakan KM. Tanjung Kamdara diawali Apel Konsolidasi yang dipimpin oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura bertempat di Dermaga Polairud Polda Papua.

Wadir Polairud Polda Papua dalam kesempatannya menyampaikan bahwa hari ini kita akan melaksankan Patroli Gabungan wilayah perairan dengan tujuan perbatasan RI-PNG, kami dari Dit Polairud Polda Papua telah menyiapkan KM. Kamdara.

Hal terpenting pada saat pelaksanaan yaitu keselamatan kita bersama, maka dari itu diharapkan seluruh penumpang yang akan menaiki Kapal untuk menggunakan alat keselamatan diri dan kami sudah menyiapkan Life Jackets serta apabila ada sesuatu kendala agar melaporkan pada Crew Dit Polairud Polda Papua.

Sementara itu, Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura mengatakan bahwa kegiatan Patroli Gabungan ini dalam rangka menjalankan tugas pokok pengawasan dari Kantor Keimigrasian dengan mambangun sinergitas, hari ini kami didukung dari Polda Papua dan turut hadir perwakilan dari Lantamal X, Kantor Bea Cukai dan Karantina.

Ini menjadi tugas kita yang harus di sinergikan untuk menjaga kedaulatan NKRI dan meningkatakan fungsi pengawasan terhadap warga negara asing sesuai dengan amanat Undang-undang Keimigrasian yaitu UU No. 6 Tahun 2011 yang memberi kewenangan kepada keimigarasian bahwa semua warga yang masuk ke Negara Indonesia harus mempunyai dokumen resmi.

Untuk itu dengan banyaknya tindakan keimgrasian kami ingin memastikan terhadap mobilitas jalur akses masuk dari arah laut sehingga dilaksanakanlah Patroli Gabungan wilayah laut. Saya selaku Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jayapura menyampaikan terimakasih dan apresiaisi untuk pelaksanaan Patroli Gabungan hari ini.


Jayapura, 10 Maret 2021

Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi no. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua, Kombes Pol. Drs Ahmad Musthofa Kamal, SH. HP 08126071540.