Suaraindonesia1 - Budayakan Literasi, Educare Institute Pohuwato Ajak Milenial Terjun Langsung



Suaraindonesia1, Pohuwato - Budaya Literasi atau membaca dikalangan generasi Milenial saat ini sangat memprihatinkan. Hal ini tidak lepas dari beberapa faktor penting yakni pengaruh lingkungan dan kemajuan teknologi. 

Lingkungan yang baik akan menciptakan generasi-genarasi yang baik. Begitupun dengan pemanfaatan teknologi yang sesuai kebutuhan dan tidak digunakan berlebihan, agar budaya membaca, menulis dan belajar anak tetap terjaga. 

Atas dasar hal ini, gerakan untuk mengangkat budaya literasi harus terus dihidupkan. Seperti yang dilakukan oleh Educare Institute (Edit) Pohuwato. Selain menyasar anak-anak desa yang ada di setiap Kecamatan, Organisasi ini juga mengajak kepada para Milenial untuk bergabung dalam menggalakan gerakan tersebut. 


"Kepada kaum milenial, kami membuka tangan, kita nimbrung (bergabung) bersama, untuk sama sama kita galakan budaya Literasi di Gorontalo," ujar Trizulharmiman Alwi, Direktur Educare Institute (Edit) Pohuwato. 

Pemuda yang akrab disapa Zul ini mengatakan, gerakan yang dilakukan oleh Educare Institute sudah berjalan sejak 2019, seperti Diskusi Publik, dan RoadShow Literasi. Namun karena pandemi Covid-19 pada 2020 sempat terhenti, dan dilanjutkan di tahun 2021.

"Kegiatan Roadshow Literasi adalah kegiatan kami dari tahun 2019, dalam kegiatan ini kita mengajak kepada anak anak untuk bagaimana kemudian mereka lebih mencintai buku daripada main gadget," ungkap Zul. 

Tak bisa dipungkiri juga peran serta pengawasan orangtua pun perlu di tingkatkan agar dapat memotivasi sang anak untuk terus belajar. 

Oleh karena itu Direktur Educare Institute, yang baru saja menggelar Roadshow Literasinya, Jumat (09/04/2021), di Desa Mekarti Jaya, Kecamatan Taluditi, berharap apa yang menjadi tujuan untuk kemajuan daerah tercinta dapat tercapai. Karena kemajuan suatu daerah tidak lepas dari Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 

"Harapannya kita dari Educare Institute itu agar anak-anak atau generasi muda yang ada di Pohuwato, itu lebih giat belajar dan membudayakan Literasi untuk kemajuan daerah," harap Zul. 

Abd. Azis