Bupati Pohuwato Tanggapi Desakan Pembentukan Gorontalo Barat




Suaraindonesia1, Pohuwato - Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, menanggapi desakan pembentukan Gorontalo Barat (GOBAR), yang masuk dalam Calon Daerah Otonomi Baru (CDOB), oleh Aliansi pemuda dari lima Kecamatan yang ada di Kabupaten Pohuwato. 


Dalam aksi damai perjalanan panjang (Longmarch) yang dilakukan oleh Aliansi pemuda Popayato Grup, Lemito dan Wanggarasi ini, Bupati Pohuwato mengutarakan kesiapannya untuk mendukung pembentukan GOBAR. 


"Sebelum menjabat Bupati Pohuwato sebelumnyai Syarif Mbuinga dan Pak Amin telah menyelesaikan seluruh administrasi pembentukan Daerah Otonom Baru untuk GobarGobar, " ujar Saipul, Kamis (28/10/2021).



"Karena ini satu hal yang menjadi perhatian kita semua, untuk itu atas nama pemda kami mendesak pula pemerintah pusat untuk segera mencabut moratorium". tambahnya. 


Sementara itu, Wakil Bupati Suharsi Igirisa juga menerangkan bahwa perjuangan pemda tersebut telah sampai ke tingkat atas, dan GOBAR dinyatakan layak untuk di mekarkan oleh pemerintah pusat.


"Dari 65 CDOB yang kemarin di pres menjadi 24 CDOB, GOBAR masuk yang ke-17, kita doakan saja semoga moratorium cepat dicabut," kata Suharsi. 


Turut hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Pohuwato dan mantan Anggota DPRD, Johanes Modi Sampe, beserta para Camat Popayato Barat dan timur. 


MHD