Bupati Saipul Hadiri Pelaksanaan Upacara Peringatan Hut Korpri, PGRI, Dan HGN Pohuwato

(Foto : Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga, saat memimpin upacara peringatan HUT Korpri)



SuaraaIndonesia1, Pohuwato -  Bupati Saipul A. Mbuinga bersama Sekda Iskandar Datau, Forkopimda, ASN dan perwakilan guru yang ada di Pohuwato menggelar upacara peringatan Hut ke-50 Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), Hut Ke-76 PGRI dan Hari Guru Nasional tingkat kabipaten, senin (29/11/2021).


Dalam sambutannya pada gelaran upacara tersebut, Bupati Saipul menyampaikan bahwa peringatan HUT ke-50 Korpri yang mengambil tema “ASN bersatu, korpri tangguh, Indonesia tumbuh” dapat menjadi semangat untuk meningkatkan jiwa korsa bagi setiap anggota korpri dalam menjalankan tugas untuk menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia.


"Peringatan HUT ke-50 Korpri yang mengambil tema ASN bersatu, korpri tangguh, Indonesia tumbuh kiranya menjadi semangat untuk meningkatkan jiwa korsa bagi setiap anggota korpri. Dimana jiwa korsa sangat diperlukan dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai perekat dan pemersatu bangsa," ujar Saipul.


"Dan apabila korprinya kompak dan tangguh maka Indonesia pun akan tumbuh maju dan akan menjadi kekuatan pemikiran dan tindakan yang dasyat demi menjaga Negara kesatuan RI," tambahnya.


(Foto : Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga) 



Terkait nilai-nilai yang di tanamkan dalam panca prasetya korpri, Bupati Saipul mengatakan bahwa pada setiap upacara atau apel korpri, ASN selalu diingatkan akan janji yang tercantum dalam panca prasetya korpri untuk melaksanakan nilai-nilai kesetiaan, kehormatan, mendahulukan kepentingan Negara serta memelihara persatuan dan menegakkan keadilan dalam pelaksanaan tugas dan kehidupan sehari-hari. 


Kemudian terkait peringatan Hut PGRI dan hari guru, Bupati Saipul memberikan semangat untuk kepada para guru untuk bangkit pada masa pandemi di dua tahun ini yang mengakibatkan wajah pendidikan di Indonesia bahkan Kabupaten Pohuwato kusam dan mengkerut. 


"Guru benar-benar harus bangkit dan berjuang dalam memajukan negeri ini karena 76 tahun sudah PGRI berupaya mengapresiasi guru, dan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan. Namun pada dua tahun terakhir wajah pendidikan Indonesia bahkan Kabupaten Pohuwato kusam dan mengerut dari tahun sebelumnya sebagai imbas dari pandemi covid-19," ucap Saipul.


Disela itu, Ketua Korpri Pohuwato, Usman Hadis Bay dalam sambutannya menyampaikan bahwa rangkaian HUT ke-50 Korpri sudah dimulai dari bulan kemarin dengan kegiatan vaksin massal dan pada hari ini merupakan puncak dari kegiatan HUT Korpri.


Terkait Korpri yang mengikuti MTQ V nasional di Kendari, Usman Bay bersyukur karena ada dua anggota korpri dari Pohuwato yang di utus untuk mewakili Provinsi Gorontalo untuk mengikuti MTQ  tersebut. 


"Baru saja korpri provinsi gorontalo tentu ada korpri pohuwato di dalamnya mengikuti MTQ V Nasional di Kendari, Sulawesi Tenggara yang pesertanya anggota korpri. Alhamdulillah pohuwato mengutus dua orang anggota korpri mewakili provinsi gorontalo yakni qoriah, Fatrian Pakaya, dan hifzil qur’an, Himawan Tatura," jelasnya.


Usman Bay berharap program korpri untuk pengajian bisa menghasikan qori-qoriah ataupun hafiz-hafizah pohuwato yang bisa berbicara di tingkat provinsi maupun nasional. 


"Tentu kedepan kita berharap dengan program korpri untuk pengajian bisa menghasikan qori-qoriah ataupun hafiz-hafizah pohuwato yang nantinya bisa berbicara di tingkat provinsi maupun nasional," harapnya.



MHD