BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Ketua Timsel KPU: Kami kerja Profesional tanpa intervensi, laporan LSM LIRA itu bagian dari Proses Demokrasi





Jayapura-Suaraindonesia1.com. Pengumuman seleksi 20 nama nama calon Anggota KPU di empat Kabupaten Wilayah II Provinsi Papua yang disaring menjadi 10 besar oleh Tim seleksi melalui tahapan seleksi Kesehatan dan Wawancara yang dikeluarkan Jumat 1 September 2023  kemarin, mendapat Protes keras dari Sekretaris Wilayah LSM LIRA Papua Yohane Wanane. Sabtu, (03/09/2023)


Yohanis meminta dengan hormat agar Oknum anggota Timsel berinisial (IS) yang terbukti mengatas namakan Timsel untuk meminta sejumlah uang dengan mengirim nomor rekening BRI lewat WhatsApp dan mengiming-iming agar peserta tersebut bisa lolos tes kesehatan dan wawancara, harus ditindak segera dan Proses kode etik oleh KPU RI serta pihak Kepolisian karena hal ini sudah merupakan tindak pidana penyuapan dan mencederai proses demokrasi bangsa kita.


Untuk diketahui bahwa kejadian tersebut terjadi kepada salah satu peserta di Kabupaten Kepulauan Yapen yang melakukan percakapan lewat WhatsApp bersama salah satu anggota Timsel KPU Kabupaten berinisial (IS).


Terkait persoalan diatas yang diadukan oleh sekretaris wilayah LSM LIRA Papua ini direspon positif oleh Ketua Tim seleksi KPU Wilayah II Papua Frits Karubaba, dirinya berkata bahwa apa yang diadukan oleh pihak LSM LIRA itu wajar wajar saja dan ini merupakan bagian dari proses demokrasi yang berjalan agar kedepannya tidak boleh terjadi hal hal seperti ini.


Frits menjelaskan bahwa apa yang menjadi temuan LIRA itu benar dan Oknum anggota Timsel KPU (IS) ini sudah mengakui perbuatanya dan telah mengklarifikasi kepada saya selaku Ketua dan 2 anggota lainya, dan ia mengaku bahwa itu tindakan dia pribadi tidak mengatasnamakan lembaga Timsel secara keseluruhan tetapi karena dia merupakan anggota maka melekatlah nama Timsel secara keseluruhan dia pun siap menanggung semua kesalahan yang diperbuatnya," ungkap Frits Karubaba Ketua Timsel KPU wilayah II Papua via telepon kepada Para wartawan saat mengantar berkas menuju KPU RI.


Intinya Kami Tim Seleksi calon anggota KPU Wilayah II Papua tahun 2023 telah melakukan kerja kerja kami secara profesional tanpa ada intervensi atau tekanan dari pihak manapun, buktinya saat melakukan tahapan awal dari seleksi Administrasi hingga kesehatan dan Wawancara tidak ada hambatan yang berarti.


Dan perlu diketahui bahwa tahapan selanjutnya kami akan membawa ke sepuluh nama nama yang telah dinyatakan lolos seleksi kesehatan dan wawancara ini dari 4 Kabupaten diantaranya Keerom, Mamberamo Raya, Supiori dan Kepulauan Yapen menuju KPU Provinsi Papua untuk dilakukan fit and proper test atau Uji kelayakan dan Kepatutan calon selanjutnya hasilnya dikirim kepada KPU RI untuk ditetapkan siapa siapa yang layak memimpin dan siapa yang masuk dalam daftar tunggu," Ungkap Frits.






Jurnalis: Mochtar 

« PREV
NEXT »