BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Wakapolres Kompol Rumalean Pimpin Apel Gelar Pasukan Pengamanan Pemilu 2024, Di Polres Raja Ampat




Waisai-Suaraindonesia1.com, Kepolisian resor Raja Ampat menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Mansinam 2023-2024 Dalam rangka Pengamanan Pemilu 2024 di Mako Polres, Selasa (17/10/2023).


Waka Polres , Kompol Achmad Rumalean selaku inspektur upacara mewakili Kapolres Raja Ampat dalam apel ini melakukan pengecekan kesiapan para personel gabungan  dan sarana prasarana (Sarpras) pendukung seperti kendaraan roda dua,Empat dan Enam serta apel gelar pasukan ini ditandai penyematan pita kepada perwakilan personel satuan tugas .


Dalam arahan Kapolri yang dibacakan Kompol Rumalean mengemukakan bahwa Pemilu 2024 adalah pesta demokrasi terbesar yang akan menjadi bukti kematangan demokrasi indonesia dan sekaligus menjadi titik penentuan masa depan bangsa. 


"Hal ini sebagaimana penyampaian presiden joko widodo bahwa ”tahun 2024 adalah momen politik yang sangat penting, karena kita menyelenggarakan pesta demokrasi terbesar dan secara serentak dalam tahun yang sama. Ini pekerjaan besar yang sangat menentukan masa depan bangsa kita, masa depan negara kita” ucap Kompol Rumalean.


Lebih lanjut Tutur Kompol Achmad Rumalean guna mengamankan pemilu 2024 maka Polri didukung TNI, Kementerian/lembaga, Instansi terkait dan mitra kamtibmas lainnya menggelar “operasi mantap brata tahun 2023-2024”. 


"Operasi ini dilaksanakan selama selama 222 hari sejak 19 oktober 2023 sampai dengan 20 oktober 2024 yang diikuti oleh 261.695 personel di seluruh indonesia guna mengamankan seluruh tahapan pemilu"ungkapnya.


Dikatakan Polri juga telah membentuk pola pengamanan sistem wilayah atau zonasi bagi personel korps Brimob dan Dalmas Nusantara, Dimana untuk Korps Brimob terbagi dalam 4 wilayah sedangkan Dalmas Nusantara terbagi 7 zonasi .


" Polri juga menyiapkan 2.000 personel Brimob power on hand Kapolri serta 8.500 personil Dalmas Nusantara yang siap dimobilisasi kapanpun dan dimanapun ke seluruh wilayah Indonesia " sebutnya.


Dijelaskan berdasarkan indeks kerawanan pemilu Bawaslu terdapat 5 provinsi dan 85 kabupaten/kota berkategori kerawanan tinggi serta berdasarkan indeks kerawanan pemilu tahap III Polri terdapat 2 provinsi dan 1 kabupaten berkategori sangat rawan .


" Bagi wilayah yang tergolong kerawanan tinggi dan sangat rawan segera lakukan langkah antisipasi, sedangkan bagi wilayah lainnya jangan underestimate  dengan tetap mempersiapkan pengamanan sebaik mungkin" tandasnya .


Setelah Pelaksanaan apel gelar pasukan kegiatan ini  dilanjutkan dengan Pra ops yang digelar di Mako Polres Raja Ampat.



Mochtar/Ginting

« PREV
NEXT »