BREAKING NEWS
latest
header-ad

468x60

header-ad

Masyarakat Desa Persiapan Kalembu Laghutta Buah bibirkan Bangunan Balai Posyandu Yang lahir Dari Tubuh DD 2023




Kalembu Laghutta - Suaraindonesia1. Masyarakat Dusun tiga Desa persiapkan Kalembu Laghutta kecamatan Kodi Utara Kabupaten Sumba Barat Daya NTT 


buah bibirkan unit kondtruksi bangunan Balai Posyandu yang lahir dari tubuh Dana Desa tahun anggaran 2023 menjadi moment yang sangat ramai .


Konstruksi sebuah bangunanan yang belum rampung dikerjakan hinggah mengakibatkan seorang PLT desa kenduwela mengalami kerugian karena lonjakan harga barang serta menimbulkan rasa tidak gubris akan konstruksi bangunan tersebut menjadi problematika  di tengah masyarakat desa persiapan .



Pasalnya bahwa sesuai penjelasan masyarakat desa persiapan ketika berbincang dengan awak media menyebutkan adanya dugaan pemakaian dana ketempat lain oleh Bernardus Bali Mema sebagai PLT desa kenduwela sehingga untuk menyelesaikan sebuah bangunan menyebabkan dirinya beban dan terutama PLT diduga telah melakukan pengurangan volume konstruksi bangunan yang membuat warga dusun tiga tak kunjung berhenti membicarakan unek seorang PLT desa Kendu Wela  tahun 2023 yang tidak sesuai harapan masyarakat .


Unit Balai posyandu yang menelan anggaran dari Dana Desa 2023 sebesar 200 juta , berdasarkan penyampaian beberapa masyarakat dusun tiga desa persiapan hinggah sudah dilakukan sosialisasi kaitan besar pagudana,ukuran bangunan,ongkos tukang maupun makan minum dan yang paling disesalkan oleh masyarakat adalah kaitan pengurangan volume bangunan yang mestinya berdasarkan hasil musyawarah hinggah dimasukan dalam Rencana Anggaran Belanja semestinya 10 X 12 .



Namun ketika pelaksanaan fisik pekerjaan bangunan balai tersebut , PLT kepala desa diduga telah melakukan pengurangan volume bangunan menjadi 6 X 10 sehinggah masyarakat desa persiapan menggiring serta pertanyakan dana pengurangan volume ada dimana , dipengapakan serta siapa yang pegang dan ini termasuk temuan , ungkap masyarakat .


Philipus Moro Wiwi sebagai penjabat kepala desa persiapan Kalembu Laghutta yang di konfirmasi awak media via Whatsapp tertanggal 1 nopember 2023 sekitar pukul 16:29 sore hari wita kaitan UNEK yang tengah terjadi di desa persiapan Kalembu Laghutta , Penjabat desa dalam tanggapannya menyampaikan bahwa menyangkut desa persiapan , masyarakat dan PLTnya dalam kondisi aman saja serta tertib terkendali tanpa krok-kroknya .


Namun dari sisi pembangunan didesa dari desa induk ke desa persiapan  menurutnya bahwa semuanya sesuai dengan prosedural serta aman juga , pembagian BLT juga aman dan salah satu program besar yang masuk di desa persiapan bahwa terdapat konstruksi pembangunan Balai posyandu tahun 2023 yang lahir dari tubuh Dana Desa induk sebesar 200 juta rupiah dan ini juga saya dapat sampaikan karena merupakan hasil koordinasi dengan masyarakat persiapan dan PLT kepala desa induk sehinggah dibangun di lokasi persiapan , ungkapnya .


Lebih lanjut phelipus kaitan dengan ukuran konstruksi bangunan tersebut menurutnya bahwa disebutkan kurang hapal pada karena di modifikasi , tetapi komunikasi kaitan jalannya persiapan segalanya pada aman ,Tetapi dari sisi penganggaran dan lainnya , itu urusan PLT Kepala desa induk dan khusus pribadi saya sebagai penjabat tidak tergabung . Juga kaitan komunikasi antara penjabat desa persiapan dengan PLT kepala desa induk menurutnya bahwa secarah prinsip kalau dari sisi persiapan masyarakat dengan induk berjalan biasa saja , namun dari sisi penganggaran bahwa saya sebagai penjabat desa persiapan tidak di libatkan Namun secarah hierarkis desa induk tidak ada tetapi selaku penjabat saya memang memantau dari jauh , tandasnya .


Selain itu berdasarkan data riil atau data lapangan kaitan dengan unit bangunan Balai posyandu yang lahir dari tubuh dana desa disebutkan bahwa sudah vinising tetapi belum semuanya 100% , dan kalau saya tidak salah bahwa yang belum di pasang adalah keramik dan plesteran . Serta kaitan dengan plafon bangunan di sebutnya bahwa sesuai penjelasan pendamping desa bahwa  perencanaan anggaran untuk plafon tidak ada . 


Adapun unek beberapa rampung dikerjakan dan menjadi sorotan dan kritikan masyarakat menurutnya sebagai penjabat desa secarah prinsip birokrasi bahwa program , anggaran sudah berjalan , hanya bagaimana penyelesaian masing-masing memiliki  pertanggungjawaban . Dan hemat saya secarah pribadi tidak masuk dalam sistim pertanggungjawaban secarah administrasi , tapi sebagai penanggungjawab secarah kewilayaan sebagai penjabat bahwa apa yang teman-teman lakukan Ya saya  siap mendukung dan saya tidak sedikitpun mengalai karena program tersebut adalah : Untuk rakyat dan hasilnya untuk rakyat .


Oleh karena itu dari unek yang tengah menjadi pembicaraan hangat di tengah masyarakat dan bahkan sudah mengudara , kepada masyarakat secarah umum di kabupaten Sumb Barat Daya dan terlebih khusus masyarakat desa induk maupun desa persiapan saya mengimbau bahwa Sebagaimana program itu belum 100% bolelah hak-hak masyarakat itu di bicarakan dan di sampaikan tetapi kitabjuga harus tahu bahwa semua manusia tidak luput dari kesalahan serta kekeliruan .


Oleh karena itu saya berharap kalau penanggungjawabnya masih memiliki rasa tanggungjawab bahwa konstruksi bangunannya belum 100% kita sama-sama mengimbau agar menjalankan tugas atau koridor yang ada , tutupnya ......Eman Ledu / Tibo .

« PREV
NEXT »