Gerakan Penghijauan Melalui Penanaman 300 Bibit Pohon oleh Kodim 1316/Boalemo



Boalemo - SuaraIndonesia1. Kabupaten Boalemo merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang pernah terdampak oleh cuaca panas di awal tahun 2023 sehingga mengakibatkan beberapa daerah di Kabupaten Boalemo kekurangan Air. dan  di penghujung akhir tahun 2023 saat ini sudah mulai memasuki musim Hujan.


Disaat Kabupaten Boalemo mulai mengalami musim Hujan Kodim 1316/Boalemo segera bertindak cepat, dengan melaksanan Giat Karya Bakti yakni pencegahan Banjir sejak dini di wilayah Rawan Banjir yang berada di beberapa titik di wilayah Kabupaten Boalemo dengan cara membersihkan seluruh saluran air yang mulai tersumbat akibat sampah dan Rerumputan Liar.



Bukan hanya itu pada Kamis (07/12/2023) Kodim/1316 Boalemo melaksanakan gerakan penghijauan dengan menanam sebanyak 300 Bibit Pohon, Kegiatan tersebut dilaksanakan di Desa Lahumbo, Kecamatan Tilamuta Kabupaten Boalemo dengan luas lahan yaitu 1.Ha.


Penanaman 300 Bibit Pohon yang dilaksanakan oleh Kodim 1316/Boalemo tersebut turut melibatkan Anggota Kodim 1316/Boalemo, Persit Boalemo, BPBD Kabupaten Boalemo, Anggota Polres Boalemo, Dinas Lingkungan Hidup, serta Aparat Desa & Masyarakat Desa Lahumbo.



Adapun jenis Bibit Pohon yang di tanam merupakan  Buah-buahan yang nantinya ke depan bisa bermanfaat untuk anak cucu kita yang berada di wilayah Kabupaten Boalemo, Jenis Pohon Yang di tanam tersebut terdiri Dari bibit Pohon Durian sebanyak 100 Pohon, Bibit Pohon Rambutan Sebanyak 100 Pohon dan Bibit Pohon Jambu Mente  sebanyak 100 Pohon.


Dengan adanya Penanam ratusan Bibit Pohon di wilayah Kabupaten Boalemo ini diharapakan dampak memberikan dampak Positif terhadap lingkungan, dan juga sebagai langkah penghijauan dan Menanam Pohon juga merupakan salah upaya dalam menjaga suatu daerah dari Bencana Banjir dan Longsor.


Penulis : Ayimun Sunga