Masyarakat Muna Barat Perwakilan di jakarta melakukan Aksi Damai Menolak keras Pergantian Pj Bupati Muna barat oleh BPK LB.





Jakarta, Auaraindonesia1-masyarakat suku Buton muna barat yang ada di jakarta melakukan aksi Damai di kementerian dalam negeri Senin 18 Desember 2023, bertempat di areal kantor kementerian dalam negeri.


Masyarakat Muna Barat yang ada di jakarta menilai dan menolak pergantian PJ Bupati muna barat oleh LB, yang di duga Mal administrasi jabatan dan meminta Kemendagri untuk tidak melantik LB yang di duga blum memenuhi syarat dalam penunjukan sebagai PJ Muna barat,


Masyarakat perwakilan pemuda muna barat Sulawesi tenggara yang di jakarta menilai proses peralihan La Ode Butolo sebagai PJ Muna barat Sultra dari segi administrasi di duga juga belum sah secara hukum di karena kan per tanggal 13 Desember belum terverifikasi di Badan Kepegawain Negara (BKN) wilayah Provinsi Sulawesi Selatan dan belum terbaca di situs resmi BKN.


Masyarakat “Kami menduga terkait dengan pergantian Pj muna barat oleh LB tidak pantas dan tidak layak.sebab LB setelah di konfirmasi ini belum terverifikasi melalui situs resmi BKN wilayah Sulsel, ini patut di duga belum sah secara hukum serta harus segera di selidiki,” ucapnya.


Jika benar La Ode Butolo belum memenuhi syarat-syarat hukum yang diberlakukan maka harus ada tindakan KASN untuk kemudian menyelidiki proses-proses nya, berdasarkan undang-undang administrasi pemerintahan no 30 tahun 2014 seorang pejabat yang masih terdaftar dalam suatu unit kerja tidak boleh menduduki jabatan lain yang secara administratif memiliki poin tugas kurang lebih sama, sehingga tumpang tindih jabatan dinilai melahirkan ketidak optimalan kinerja dimasing masing wilayah tersebut.


“ Hal tersebut secara hukum diduga telah menegangkangi proses hukum sebagaimana pasal 1 ayat 3 uud 1945 Indonesia merupakan negara hukum, jadi segala ketentuan kehidupan berbangsa maupun bernegara harus dilandaskan kepada ketentuan hukum yang berlaku begitupun dalam hal ini peralihan jabatan seorang ASN.


"Mesti disandarkan kepada hukum serta tidak boleh melakukan penerobosan hukum, ini diduga terlihat secara jelas dilakukan oleh saudara La Ode Butolo,” tuturnya.


Oleh karena itu masyarakat perwakilan pemuda Muna barat Sulawesi tenggara yang ada di jakarta menolak keras di dalam proses pergantian pengangkatan PJ ke La Ode Butolo di duga ternilai mal administrasi karena jabatannya per hari ini masi tercatat sebagai Staff Ahli Bupati Muna Barat dan ini juga belom memenuhi standar sebelon jabatan. harusnya proses-prosesnya memenuhi syarat sebagai upaya peningkatan kualitas ASN produktif.


“La Ode Butolo di ketahui di lantik sebagai staf ahli gubernur pada tanggal 28 Agustus tetapi sampai dengan tanggal 13 Desember 2023 Masi tercatat sebagai staf ahli Bupati Muna barat, kan ini melanggar aturan hukum yang ada, kuat dugaan gerakan yang dilakukan oleh beliau adalah sebuah upaya untuk kepentingannya menjadi PJ Bupati Muna Barat,” tutupnya.


Redaksi