Bupati dan Wabup Pohuwato Tinjau Langsung Harga Bahan Pokok dan Saluran Drainase Pasar


Pohuwato - Suaraindonesia1, Bupati Pohuwato, Saipul A. Mbuinga bersama Wabup (Wakil Bupati), Suharsi Igirisa mengunjungi pasar Popayato untuk meninjau langsung harga bahan pokok, Selasa (14/05/2024).


Dalam kunjungannya, Bupati Saipul dan Wakil Bupati Suharsi berdialog dengan para pedagang yang menjual kebutuhan pokok (beras, rempah-rempah, minyak goreng) dan para pembeli untuk mendapatkan informasi terkini mengenai harga dan ketersediaan barang. 


"Kami ingin memastikan bahwa harga bahan pokok tetap stabil dan terjangkau bagi masyarakat. Kami juga akan berkoordinasi dengan dinas terkait untuk mengatasi masalah distribusi dan pasokan jika ditemukan kendala," ujar Bupati Saipul.


Dari hasil peninjauan, beberapa pedagang mengungkapkan adanya sedikit kenaikan harga pada beberapa komoditas, namun secara umum pasokan bahan pokok masih cukup tersedia. 


Oleh hal itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato akan terus memantau perkembangan harga dan meminta masyarakat untuk segera melaporkan jika ada lonjakan harga yang tidak wajar.


Selain memantau harga kebutuhan pokok, Bupati dan Wakil Bupati juga meninjau kondisi saluran pembuangan di sekitar Pasar Popayato.


Selama peninjauan, ditemukan beberapa titik saluran yang tersumbat oleh sampah dan sedimen. 


Melihat keadaan itu, Bupati Saipul segera menginstruksikan dinas terkait untuk melakukan pembersihan dan perbaikan secepatnya. 


Bupati Saipul menghimbau kepada para pedagang dan konsumen untuk dapat menjaga kebersihan pasar. 


“Kebersihan pasar sangat penting untuk kesehatan masyarakat dan kenyamanan dalam berbelanja," tandasnya.


Bupati Saipul mengatakan bahwa peninjauan drainase penting dilakukan karena saluran pembuangan yang berfungsi dengan baik dapat mencegah genangan air dan menjaga kebersihan lingkungan pasar terutama di tempat penjualan ikan. 


"Kunjungan ini juga untuk memastikan penanganan masalah lingkungan secara menyeluruh, terutama di area publik seperti pasar yang menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat," tuturnya.


Aktivitas peninjauan juga turut diikuti oleh Sekretaris Daerah, Iskandar Datau yang didampingi oleh sejumlah pimpinan OPD serta Sekcam Popayato, Mansur A. Abudjulu, S.PdI.