Proyek Pembuatan Sumur Bor Air Bersih Sudah Siap,Tapi Asas Manfaatnya Belum Dinikmati Oleh Warga




Jambi - SuaraIndonesia1. Pemerintah Kabupaten Sarolangun Melaluai Dinas PUPR  Merialisasikan Dana Anggaran Pembelanjaan Daerah (APBN) Nya Tahun 2023 Yang lalu Ada Kegiatan Pembutan Sumur Bor sampai bulan mai 2024 ini warga belum merasakan asas manfa'atnya.


Dalam Pelaksanaan nya diduga tidak mengikuti aturan tentang pengadaan barang dan jasa konstrksi,mulai dari perencanaan sampai kepengawasan termasuk yang bekerja harus punya sertifikat,dan bahan bakunya juga harus lah berstandar SNI.



Ini terlihat di patok 7,RT 10 Dusun 2  Malang Sari Desa SLIWANGI ,Kecamatan Singkut ,Kabupaten Sarolangun ,Peovinsi Jambi,salah satu yang mendapat realisasi anggaran dana APBD tesebut,dengan nominal nya sungguh sangat pantastis hampir 0,5 milyar.


Disaat awak media ini investigasi ke loksi kamis 23 - mai - 2024 terhliat langsung bahwa ,sumur Bor tersebut yang beralokasikan di halam mesjid muhajirin ternyata belum bisa difungsikan oleh warga setempat.



Menurut keterangan dari warga saat di konfirmasi oleh awak media ini,yang enggan  ditulis nama nya di pemberitaan ini,sangat kecewa kerena saat kami mencoba menghidupkan sudah tiga kali ternyata :

1.mbak penampung nya bocor

2.pipanisasinya yang terhubung kerumah warga sebahagian nya bocor sehimgga rumah war tergenang oleh air

3.dalam RAB 70 ternya 

 yang terlialisasi hanya diduga 60 


Selanjut mya kami dari warga Rt 10 dusun 2 malang sari Desa Sliwangi  belum bisa terima proyek sumur bor tersebut kerna kami takut mati bola ditangan kami ungkap beberapa warga kepada awak media ini.


Pihak PUPR yang membidangi hal tersebut,saat di hubungi melaluai saluran chating Whapsapp nya,terkait dengan masalah kerusakan sumur bor yang baru beberapa bulan saja siapnya sudah ada yang rusak,jawab ke awak media ini nanti akan kita perbaiki.


Diharapkan kepada pihak instansi terkait/ APH,untuk minindak secara tegas kerna diduga ada kerugian negara  dan terkesan kunsultan pengawas tidak bekerja mengikuti tupoksinya/pembiaran sehingga kualitas fisik sumur bor tersebut tidak mencapai target SNI, yang telah diatur dalam pp termasuk pemasangan Pipanisasi nya di perkirakan tidak memakai pasir urungnya.



Pewarta : Dj