11 Kali Pemda Pohuwato Berhasil Pertahankan WTP


Suaraindonesia1, Pohuwato - Hasil yang sangat baik terus ditorehkan Pemerintah Daerah Kabupaten Pohuwato. Kalo ini berhasil mempertahankan opini wajar tanpa pengecualian (WTP) di tahun 2023.

Ini merupakan kali ke 11 (sebelas) Kabupaten Pohuwato mempertahankan WTP atas hasil pemeriksaan LKPD oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

Hasil tersebut diterima Bupati Pohuwato, Saipul A Mbuinga sekaligus menerima penyerahan dokumen LHP yang diserahkan Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo, Ahmad Luthfi H. Rahmatullah S.E.,M.H.,Ak.,CA.,CSFA, di Auditorium BPK, Senin, (10/06/2024). 

Diketahui pula, penyerahan LHP atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Pohuwato bersamaan dengan Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Boalemo, dan Kabupaten Gorontalo Utara, yang keenam daerah tersebut mendapatkan opini WTP. 

Bupati Pohuwato, Saipul Mbuinga menyampaikan terima kasih kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo yang telah menyerahkan laporan hasil pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2023 yang Alhamdulillah memperoleh penilaian yang baik yaitu opini wajar tanpa pengecualian.

"Ia, opini WTP dari BPK saat ini merupakan yang kesebelas yang sejak 2013 secara berturut-turut hingga 2023. Keberhasilan ini pula tentunya tidak lepas dari sinergi dan kolaborasi semua pihak yang terlibat dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan di Kabupaten Pohuwato serta adanya bimbingan dan pembinaan dari pihak pemeriksa," ungkapnya.

Oleh karena itu, kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Gorontalo dan semua pihak yang telah memberikan pembinaan, kepercayaan serta kerja sama dan sinergi yang telah terbina selama ini diucapkan terima kasih yang insyaallah ini berkelanjutan serta terus kita tingkatkan di masa depan. 

Ditambahkan Bupati Saipul, bahwa opini WTP adalah sebagai opini terbaik dalam audit laporan keuangan yang telah diberikan BPK ke Pemerintah Kabupaten Pohuwato yang insyaallah ini dapat menjadi motivasi kami untuk lebih baik lagi dalam pengelolaan keuangan daerah di tahun-tahun mendatang.

Hadir mendampingi Bupati Saipul Mbuinga, Sekretaris Daerah, Iskandar Datau, Kepala Bapppeda, Irfan Saleh, Inspektur Daerah, Muslimin Nento, Sekretaris Dewan, Hamkawaty Mbuinga, Kepala BPKPD, Tety Alamri.

(Abd)