Bupati Saipul Sambut Kedatangan Danrem 133/Nani Wartabone


Suaraindonesia1, Pohuwato - Kedatangan Komandan Resor Militer (Danrem) 133/Nani Wartabone, Brigjen TNI. Hari Pahlawantoro, bersama istri, Ny. Rini Hari Pahlawantoro, ke Markas Kodim 1313/Pohuwato disambut Bupati Saipul A Mbuinga.

Danrem 133/Nani Wartabone disambut dengan gelaran adat Mopotilolo didampingi langsung Bupati Pohuwato dan ibu-ibu Persit Kodim 1313/Pohuwato.

Adat Mopotilolo sendiri merupakan bentuk penghormatan dan keakraban budaya lokal. Upacara Mopotilolo adalah salah satu tradisi adat Gorontalo yang digunakan untuk menyambut pejabat negara yang baru kali pertama datang atau berkunjung ke daerah. 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Saipul Mbuinga menyampaikan rasa syukur dan kebanggaannya atas kunjungan Danrem 133/NW ke Kabupaten Pohuwato. 

"Kami sangat terhormat atas kunjungan Danrem 133/NW. Kehadiran beliau di sini merupakan simbol kerja sama yang erat antara pemerintah daerah dan TNI dalam menjaga keamanan dan kesejahteraan masyarakat Pohuwato," ujar Saipul.

Selain itu, ia juga menjelaskan beberapa hal singkat terkait jumlah desa serta luas wilayah di Kabupaten Pohuwato.

"Kabupaten Pohuwato merupakan daerah yang terletak diujung barat Provinsi Gorontalo yang berbatasan langsung dengan wilayah Provinsi Sulawesi Tengah, terdiri dari 13 kecamatan, 101 desa, dan 3 kelurahan, letak wilayahnya menempati hampir sepertiga luas wilayah Provinsi Gorontalo," pungkas Saipul.

(Abd)