Jakarta X Beauty 2024 untuk Dukung Pemberdayaan Produk Kecantikan Lokal Berdaya Saing Internasional



Jakarta, suaraindonesia1.com
Dalam beberapa tahun terakhir perkembangan industri kecantikan meningkat dengan pesat.
Hal tersebut terlihat dengan adanya peningkatan pertumbuhan pelaku kosmetik sebesar 2,19% menurut BPOM dan nilai ekspor kosmetik, wewangian serta essential oils yang tercatat mencapai USD 770,8 juta.


 Sebagai bentuk dukungan terhadap UMKM kecantikan dan perawatan diri, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM, Fiki Satari, menghadiri perhelatan beauty event Jakarta X Beauty 2024 dan memberikan kata sambutan, di Jakarta Convention Center, Kamis (6/6).


 Dalam pembukaan event kecantikan tersebut, hadir pula CEO Female Daily, Hanifa Ambadar, dan Group CEO of ParagonCorp, Harman Subakat.
Mengangkat topik, “Pemberdayaan UMKM Kecantikan Berdaya Saing Internasional”, Staf Khusus Menteri Bidang Pemberdayaan Ekonomi Kreatif, Kementerian Koperasi dan UKM menyampaikan 3 poin utama bahwa UMKM kecantikan dan perawatan diri memiliki kesempatan besar untuk bisa bersaing di pasar internasional.


 “Pertama adalah pemerintah sudah membuat regulasi untuk melindungi pasar lokal. Kedua, KemenKopUKM juga memediasi akses pembiayaan melalui mitra seperti inkubator, agregator, akselerator, dan enabler.
Dan yang terakhir, KemenKopUKM sudah membuat inisiatif Rumah Produksi Bersama (RPB) dari hulu ke hilir. Contoh dari RPd adalah salah satu bahan baku essential oil yaitu Nilam yang berlokasi di Aceh.” ungkap Fiki Satari.


Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh KemenKopUKM, Harman Subakat selaku Group CEO of ParagonCorp pun meyakini bahwa produk-produk Paragon memiliki kualitas yang tidak kalah baiknya dengan produk luar negeri sehingga produk paragon sudah dikenal juga di Malaysia dan diharapkan akan dikenal juga di seluruh dunia.


 Kami selalu mengedepankan inovasi, menciptakan tren, dan terutama mendengarkan masukan dari para pelanggan supaya produk-produk kami bisa terus maju.”
Menurutnya event kecantikan Jakarta X Beauty 2024 menjadi wadah yang tepat dan sangat dibutuhkan bagi brand-brand kecantikan ini untuk bisa semakin dikenal oleh masyarakat banyak dan menumbuhkan semangat untuk membanggakan Indonesia dengan produk-produk lokal berkualitas.


CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar, menjelaskan, “Itulah kenapa tahun ini Female Daily X Beauty membawa tiga pesan utama yaitu Keberlanjutan, Inovasi, dan Inklusivitas.
Kami meyakini dengan ketiga pilar tersebut bisa mewujudkan masa depan kecantikan Indonesia yang selalu mengikuti tren global agar dapat bersaing secara internasional, dan pada akhirnya memberikan kontribusi yang besar terhadap pertumbuhan ekonomi lewat sektor kecantikan dan perawatan diri.”


Sebagai penutup, Fiki Satari menuturkan bahwa pemerintah akan selalu mendukung kemajuan industri di Indonesia, terutama UMKM kecantikan dan perawatan diri, supaya bisa dengan mudah dikenal secara internasional. Salah satunya juga dengan mempermudah pendaftaran BPOM bagi UMKM melalui Smesco Indonesia, sebagai Badan Layanan Umum (BLU) di bawah KemenKopUKM.


Jakarta X Beauty 2024 diselenggarakan selama 4 hari, mulai tanggal 6-9 Juni 2024, pukul 10 pagi hingga 10 malam, di Jakarta Convention Center. Event kecantikan ini menghadirkan lebih dari 400 brand, dan dihadiri oleh para pecinta kecantikan, pelaku bisnis kecantikan, dan juga figur publik.


Tentang Female Daily:


Female Daily adalah one-stop platform digital beauty dan lifestyle pilihan para beauty enthusiasts di Indonesia yang mencakup media, review & recommendation platform, e-commerce, dan event FD X Beauty.


Menghubungkan 15 juta pengguna melalui konten yang dikemas sedemikian rupa, beragam acara menarik, dan platform informatif dan juga merupakan wadah berbagi pengalaman seputar beauty experience bagi lebih dari 2 juta anggota komunitas aktif.


 Pada 2017, Female Daily app diluncurkan dan menjadi the first beauty review platform dengan produk utama FD Beauty Review, FD Editorial, FD Studio, dan FD Talk. Aplikasi ini bisa di-download di PlayStore dan AppStore.


Female Daily terus berkembang  dan menjadi bagian penting di industri kecantikan Indonesia. Dalam perjalanannya, Female Daily sudah menginisiasi perubahan industri, memberdayakan serta membimbing masyarakat dengan edukasi dan inovasi.


Tentang Female Daily Studio:


Female Daily Studio diresmikan pada tahun 2022. E-commerce ini menghadirkan lebih dari 5.000 produk kecantikan terbaik dari lebih 200 brand ternama. Untuk melengkapi pengalaman berbelanja, Female Daily Studio juga ada di Trans Icon Mall Surabaya, di mana pelanggan dapat mencoba produk dan menghadiri beauty event spesial dari Female Daily.


Female Daily Studio menjadi one-stop beauty destination yang tidak hanya lengkap dan informatif, tapi juga menjadi wadah untuk komunitas beauty enthusiasts Indonesia untuk terus berkembang.


Report, Wati